DetikNews
Jumat 10 Agustus 2018, 20:21 WIB

Satgas Gempa Lombok Pastikan Tak Terima Bantuan Negara Asing

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Satgas Gempa Lombok Pastikan Tak Terima Bantuan Negara Asing Distribusi bantuan untuk korban gempa Lombok (Foto: Dok. BNPB)
Jakarta - Satgas Penanggulangan Bencana Gempa Lombok terus menyalurkan bantuan untuk korban gempa. Mereka memastikan tak ada bantuan dari negara lain yang diterima.

"Sesuai petunjuk komando atas jadi sementara tidak ada bantuan dari luar," kata Dansatgas Penanggulangan Gempa Lombok, Kolonel Ahmad Rizal Ramdhani di halaman kantor Bupati Lombok Utara, Jumat (10/8/2018).


Rizal mengatakan sudah ada negara lain yang masuk. Namun bantuan itu masih ditahan dan belum diterima.

"Jadi memang ada beberapa kemarin sempat datang. Cuma kami sampaikan kami hold dulu, kami tahan supaya tidak ada kegiatan dari luar negeri," ujarnya.


Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah terbuka atas pihak asing yang ingin memberikan bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun, hingga kini dia menegaskan pemerintah masih mampu mengatasi persoalan bencana tersebut.

"Ya kita terbuka menerima bantuan, karena masyarakat di sana memerlukan. Tapi kita sendiri juga masih mampu mengatasi itu dalam membangun kembali rumah-rumah yang rusak nanti," kata Jokowi saat ditemui wartawan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2018).
(abw/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed