DetikNews
Jumat 10 Agustus 2018, 14:56 WIB

Eggi: Habib Rizieq Pilih Prabowo, Masak Gegara Sandi Cawapres Marah

Arief Ikhsanudin - detikNews
Eggi: Habib Rizieq Pilih Prabowo, Masak Gegara Sandi Cawapres Marah Eggi Sudjana di Silang Monas (Arief/detikcom)
Jakarta - Prabowo Subianto akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Sandiaga S Uno sebagai cawapresnya. Keputusan itu jauh dari harapan koalisi keumatan yang menginginkan ulama sebagai pendamping Prabowo.

Aktivis 212 Eggi Sudjana mengatakan keputusan Prabowo pada last minute ini tidak akan mempengaruhi suara GNPF-Ulama. Bahkan Habib Rizieq Syihab, yang menjadi pembina Presidium Alumni 212, merestui Prabowo bergandengan dengan Sandi untuk bertarung di Pilpres 2019.

Menurut Eggi, Habib Rizieq tidak kecewa meski Prabowo akhirnya tidak memilih ulama sebagai cawapresnya. Rizieq tetap mendukung Prabowo.

"Insyaallah Habib kan sudah memilih Prabowo. Presiden Ijtimak kan Prabowo. Masak gara-gara (pilihan) wapres (Sandiaga Uno) marah," ujar Eggi di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2018).

Eggi yakin umat Islam tetap akan memilih Prabowo. Sebab, menurutnya, umat Islam mendengarkan suara Habib Rizieq sebagai ulamanya.

"Habib Rizieq kan pimpinan dari semuanya itu. PA 212 pembinanya Habib Rizieq, GNPF pembinanya Habib Rizieq. Semua mengacu ke Habib Rizieq," tegas Eggi.
Meski demikian, Eggi mengaku belum berkomunikasi langsung dengan Habib Rizieq soal keputusan Prabowo itu. Namun dia mengaku sempat ada ketegangan di GNPF karena keputusan Prabowo yang akhirnya memilih Sandi itu.

"Kalau omongan, kemarin bersitegang, ada yang bilang tidak dukung. (Tetapi) bukan dari Habib Rizieq, tapi dari beberapa orang. Kalau sekarang insyaallah tidaklah," lanjutnya.

Eggi sendiri mengaku tidak mengetahui persis apakah Habib Rizieq sudah tahu soal keputusan Prabowo itu. Ia memperkirakan Habib Rizieq sudah mengetahui soal pilihan politik Prabowo itu dari Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.

"Kemungkinan sudah (tahu). Di kita itu, Amien Rais berkomunikasi dengan Habib Rizieq," paparnya.

Soal bagaimana sikap PA 212 atas keputusan Prabowo, Eggi mengatakan pihaknya belum mengadakan rapat kembali. "Tapi sebagai penasihat (PA 212), saya setuju," ucapnya.



Saksikan juga video 'Eggi Sudjana Usul, Jokowi dan Habib Rizieq Dipertemukan':

[Gambas:Video 20detik]

Eggi: Habib Rizieq Pilih Prabowo, Masak Gegara Sandi Cawapres Marah

(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed