1 Kompi Polisi Amankan Massa Pendukung Prabowo di Silang Monas

Arief Ikhsanudin, Mei Amelia - detikNews
Jumat, 10 Agu 2018 12:28 WIB
Foto: Arief/detikcom
Jakarta - Polres Metro Jakarta Pusat mengerahkan personel untuk mengamankan aksi massa pendukung Prabowo Subianto di Silang Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan. Aksi massa buruh dari Konfederesi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) itu dikawal 1 kompi polisi atau sekitar 100 personel.

"Ada 1 kompi Dalmas Polda di Patung Kuda Monas, Wakapolsek Gambir ada di lokasi," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu kepada detikcom, Jumat (10/8/2018).

Roma mengatakan, polisi sudah berjaga di lokasi sejak pagi tadi. Polisi saat ini mengawal massa yang rencananya akan melaksanakan salat Jumat di lokasi.

Saat ini sudah ada sekitar ratusan buruh yang sudah bersiaga di kawasan Patung Kuda dan sekitarnya. 100 Personel polisi dirasa cukup untuk mengamankan massa tersebut.


"Sampai sekarang baru 200 massa di Patung Kuda, (pengamanan) 1 kompi cukup, kita lihat eskalasinya, masih ada 1 kompi cadangan di Monas, di depan istana siap digeser, kalo kurang 1 batalyon gabungan, saya geser," sambungnya.

Roma menambahkan, pihaknya telah mengerahkan personel untuk pengamanan pendaftaran pencalonan presiden dan wakil presiden di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Polisi juga bersiaga di titik kumpul massa hingga rute-rute yang dilalui massa yang akan mengantar calonnya ke KPU.

"Semua titik sudah kami antisipasi sejak pagi, semua massa pendukung perlakuannya sama pengamanannya, tidak ada perbedaan, SOP pengamanan," lanjutnya.

Pantauan detikcom di lokasi, sekitar 30 personel anggota Sabhara sudah bersiaga di lokasi. Mereka membuat barisan untuk membatasi massa agar tidak mengganggu arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan.

Total ada 5 ribu personel TNI dan Polri yang mengamankan pendaftaran capres-cawapres ini. Polisi mengimbau kedua kubu untuk menjaga keamanan.




Saksikan juga video 'Prabowo: Demokrat Dukung Koalisi Kami':

[Gambas:Video 20detik]

(mea/mea)