Ma'ruf Amin: Tanpa Cak Imin, Saya Tak Jadi Cawapres Jokowi

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Kamis, 09 Agu 2018 22:31 WIB
Ilustrasi Jokowi-Ma'ruf AMin (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta - Ma'ruf Amin dipilih Joko Widodo (Jokowi) menjadi cawapresnya di Pilpres 2019. Ma'ruf Amin menyebut ini adalah jasa Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

"Kalau nggak ada Cak Imin, mungkin nggak terpilih saya," kata Ma'ruf Amin pada jumpa pers di Kantor DPP PKB, Jl Raden Saleh, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).


Sebagaimana diketahui, Cak Imin dan PKB-nya menggaungkan duet JOIN yakni Jokowi-Cak Imin untuk Pilpres 2019. Namun kini, Jokowi memilih Ma'ruf Amin, namun singkatan JOIN tetap dipakai karena masih cocok.

"Karena mungkin Cak Imin malu udah ada JOIN-JOIN. Kalau sampai Cak Imin tidak bisa, makanya JOIN itu harus tetap walaupun isinya Jokowi-Ma'ruf Amin," ujarnya sambil tertawa santai.


Dia bersyukur kepada Allah karena telah dipilih menjadi cawapres Jokowi. Dia mengaku tak pernah menduga bakal menjadi cawapres Jokowi.

"Sesuatu yang sebenarnya di luar dugaan," kata Ma'ruf.


Ma'ruf juga merasa pilihan politik itu adalah bentuk penghargaan Jokowi kepada ulama. Dia menyatakan dirinya dipilih menjadi cawapres karena dia aktif di PBNU, pernah aktif sebagai Dewan Syuro PKB, dan terakhir dirinya adalah Ketua Umum MUI. (dnu/tor)