Rakernas PAN Pastikan Dukung Prabowo Subianto

Zunita Amalia Putri - detikNews
Kamis, 09 Agu 2018 21:45 WIB
Foto: Rakernas PAN. (Lamhot Aritonang/detikcom).
Jakarta - PAN telah selesai menggelar rakernas untuk memutuskan sikap di Pilpres 2019. PAN memastikan mendukung Prabowo Subianto sebagai capres.

Ketua steering committee Rakernas PAN Yandri Susanto mengumumkan hasil Rakernas di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (9/8/2018). Dia mengungkap ada banyak aspirasi dalam rakernas dari para DPW, termasuk soal dukungan kepada Joko Widodo.

Karena deadlock, akhirnya keputusan diserahkan kepada Ketum PAN Zulkifli Hasan. Itu sesuai kesepakatan para DPW PAN.


"Bismillahirahmanirrahim seluruh peserta yang saya hormati bahwa berdasarkan aspirasi penyampaian secara langsumg pandanan umum DPW PAN se-Indonesia dalam Rakernas dengan ini kami sampaikan keputusan bahwa capres yang akan diusung adalah saudara Bapak H Prabowo Subianto," ujar Yandri.

Rakernas PAN juga menghasilkan keputusan dukungan untuk cawapres. PAN masih ingin agar Zulkilfi Hasan dan Ustaz Abdul Somad (UAS) menjadi cawapres bagi Prabowo.

"Dan wapres saudaraku Zulkifli Hasan dan kedua UAS," tutur Yandri.

Ada keputusan lain dalam Rakernas PAN. Menurut Yandri, bila ada dinamika yang terjadi, maka Ketum PAN diberikan wewenang untuk mengambil keputusan. Yandri juga menyebut alasannya.

"Seluruh peserta Rakernas sepakat jika terjadi dinamika atau hal penting untuk segera diputus dan maka seluruh Rakernas PAN menyerahkan mandat sepenuhnya kepada Ketum PAN untuk ambil keputusan demi kepentingan PAN dan bangsa," ujarnya.


"Terimakasih itulah hasil dari Rakernas ke-4 PAN," sambung Yandri.

Hal senada juga disampaikan oleh Zulkifli Hasan. Dia memastikan, seluruh peserta Rakernas PAN patuh atas keputusan ini.

"34 wilayah pengurus DPP sebagian besar meminta PAN mendukung capres Prabowo, wakilnya Zulkifli Hasan dan UAS juga ada beberapa disebut nama-nama yang lain tapi karena mayoritas Prabowo itu putusan sudah ketok palu. Maka hari ini telah diketok palu capres PAN adalah Prabowo Subianto, wakil Zulkifli Hasan dan UAS," sebut Zulkifli.

Ketua MPR ini juga menutup Rakernas PAN. Rakernas sendiri digelar hanya dalam waktu satu hari.

"Maka dengan resmi Rakernas PAN ditutup," ujarnya. (elz/fdn)