PAN: Dari 19, Tiga DPW Minta Dukung Jokowi

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 09 Agu 2018 18:44 WIB
Ketua DPP PAN Yandri Susanto (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN masih terus berjalan. Sebanyak 19 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN sudah menyampaikan aspirasinya.

Ada 34 DPW yang akan menyampaikan aspirasinya. Hingga sebelum break menjelang magrib, baru 19 DPW PAN yang memberikan pernyataan dalam sidang tertutup. Sebanyak 16 di antaranya mendukung pencapresan Prabowo Subianto dengan cawapres Zulkilfi Hasan atau cawapres Ustaz Abdul Somad. Ada pula tiga DPW yang mendukung petahana Joko Widodo (Jokowi).


"Tiga DPW meminta PAN bergabung dengan Jokowi," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto di arena Rakernas PAN, Hotel Sultan, Jl Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Ketiga DPW itu adalah DPW Papua, Kepulauan Riau, dan Nusa Tenggara Timur (NTT). "Pertama itu Papua, berdasarkan hasil rapat pleno dan menyerap aspirasi di sana, (juga) Kepri dan NTT," kata Yandri.


PAN kini terus memproses aspirasi ini. Tersisa 15 DPW PAN yang belum menyampaikan aspirasi. "Akan dilanjutkan jam tujuh malam (19.00 WIB)," ujarnya.

Ada pula DPW yang berbicara kemungkinan menarik dukungan untuk pencapresan Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra, bila Zulkifli Hasan sang ketua umum tak menjadi cawapres Prabowo. Mereka berjumlah lima DPW. Mereka di antaranya DPW Sultra, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat.

"Tadi ada beberapa, sekitar lima DPW secara tegas memang mereka tetap Prabowo-Zulkifli Hasan. Tapi kalau misalkan pada akhirnya Prabowo tidak ambil ketua umum kami, lima DPW ini meminta menarik diri dari koalisi Gerindra," tuturnya.

Selain itu, ada DPW yang setuju mendukung Prabowo-Sandiaga Uno untuk Pilpres 2019. "Persoalan lobi-lobi sampai sekarang masih jalan, saya kira masih normal," kata dia.




Tonton juga 'Ahmad Dhani: PAN-PKS Ditawari Rp 3 Triliun Biar Dukung Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/ear)