detikNews
Rabu 08 Agustus 2018, 18:48 WIB

Rakernas PAN Digelar Besok, Muncul Opsi Voting untuk Arah Koalisi

Zunita Putri - detikNews
Rakernas PAN Digelar Besok, Muncul Opsi Voting untuk Arah Koalisi Yandri Susanto (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) bakal menggelar rakernas untuk menentukan arah koalisi Pilpres 2019. Ketum PAN Zulkifli Hasan mengatakan rakernas itu bakal digelar di kantor DPP PAN.

"Besok ya kita lihat, rakernas di kantor PAN ya biar hemat," kata Zulkifli di kantor DPP PAN, Jl. Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2018).


Secara terpisah, Ketua Pelaksana Rakernas PAN Yandri Susanto belum mau membocorkan agenda rakernas partainya. Dia mengatakan masih banyak pembahasan yang perlu digodok bersama DPW PAN.

"Bisa siang, bisa malam, jadi ya itu kan cuma melegalkan keputusan saja kan jadi ini kalau semua sudah rapi tinggal ketuk palu begitu. Makanya dinamika yang ada di DPW kita tangkap dulu," terangnya.


Yandri mengatakan, dalam rakernas nanti, pihaknya sudah tinggal ketuk palu siapa capres dan cawapres yang bakal diusung PAN. Dia menyebut arah dukungan internal partai sudah ke Prabowo Subianto.

"Oh ya kan PAN itu mengambil keputusan ada forumnya tapi bahwa hasil penjajakan kemudian pantauan di lapangan hasil diskusi panjang tadi kan sudah keliatan, dan yang mengumumkan nanti secara resmi ya rakernas. Tapi saya menginformasikan bahwa di internal partai dari seluruh pengurus DPW maupun dewan kehormatan Pak Amien Rais dan Mas Soetrisno Bachir ya itu kelihatannya sudah tidak ada masalah dengan Pak Prabowo, peresmiannya di rakernas kan gitu," terangnya.


Yandri mengatakan, jika nantinya pengambilan keputusan soal capres berlangsung alot, akan diambil dengan sistem voting. Meski begitu, Yandri yakin proses pengambilan keputusan di rakernas besok bakal berlangsung mulus.

"Ya kalaupun pada akhirnya nanti di rakernas ada satu-dua yang tetap ngotot ya kan ada cara pengambilan keputusan yang sudah diatur oleh anggaran dasar/anggaran rumah tangga ya. kalau nggak bisa mufakat ya bisa voting. Toh saya yakin betul PAN ini jarang melakukan voting dengan hal-hal yang seperti ini," ujarnya.
(ams/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed