DetikNews
Rabu 08 Agustus 2018, 13:32 WIB

Dorong Milenial Belajar Strategi, Pelindo III Gelar Turnamen Catur

Nabilla Nufianty Putri - detikNews
Dorong Milenial Belajar Strategi, Pelindo III Gelar Turnamen Catur Foto: pelindo III
Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III mengadakan Turnamen Catur Cepat G-25 tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada 14 hingga 15 Agustus 2018 di Grha Varuna Convex.

CEO Pelindo III Ari Askhara menyebut penyelenggaraan lomba catur skala nasional ini bertujuan untuk mendorong generasi muda Indonesia, terutama pelajar, untuk mencintai catur dan belajar strategi melalui permainan catur.

"Dengan kegiatan ini tentunya generasi muda dapat lebih menyalurkan talenta yang dimiliki sehingga diharapkan dapat menjaring bibit-bibit baru pecatur muda yang potensial yang dapat bersaing di laga internasional," ujar Ari Askhara dalam keterangan tertulis, Rabu (8/8/2018).



Lebih lanjut, Ari Askhara menambahkan bahwa olah raga catur mengajarkan cara menyerang, mengatur strategi, memprediksi langkah lawan, berani berspekulasi yang diperhitungkan.

Selain itu, juga dapat mengetahui strategi yang digunakan lawan dalam setiap permainan sehingga membuat mereka memiliki referensi, dan cara-cara mematikan pergerakan lawan.

"Namun dalam catur ada kejujuran dan fair play, untuk bisa memenangkan permainan tetap harus mengikuti peraturan yang ada," tuturnya.

Berkolaborasi dengan Percasi Kota Surabaya, dengan mengundang beberapa tokoh catur nasional untuk membuka turnamen yang berhadiah total Rp 70 juta.

Pelindo III dan BJTI PORT menjadi sponsor utama dalam turnamen catur yang bertajuk Pelindo III Cup.



Direktur Utama BJTI PORT, Hot Rudolf Marihot mengatakan, bahwa turnamen ini nanti menggunakan sistem Swiss Manager 7 babak dengan pembagian peserta menjadi tiga kategori, yaitu Kategori Senior dengan biaya pendaftaran Rp 30 ribu, Kategori Pelajar SD kelas 1-3 dan Kategori Pelajar SD kelas 4-6 dengan biaya pendaftaran Rp 20 ribu.

Untuk junior domisili Surabaya biaya pendaftaran gratis, dan peserta bergelar MI/GM gratis.

"Ini langkah awal Pelindo III dan BJTI PORT, untuk memajukan cabang olah raga catur sehingga tidak menutup kemungkinan bila event ini sukses maka turnamen ini dapat menjadi agenda rutin Percasi Surabaya. Karena dengan diselenggarakannya event seperti ini bisa membina atlet muda untuk dapat mengasah kemampuan serta menambah jam terbang dan pengalaman menghadapi pecatur-pecatur muda dari daerah lain," tutur Hot Rudolf.

Menurut Hot Rudolf banyak filosofi yang bisa diambil dari permainan catur, ketika mereka bekerja menyelesaikan pekerjaan, khususnya pekerjaan strategis di perusahaan. Ia juga berharap, turnamen olah raga catur nantinya dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

"Makanya ini olahraga yang bukan sekadar mengeluarkan energi tapi juga menggunakan energi otak," pungkasnya.

Masing-masing kategori akan dipilih 20 juara dengan ditetapkan juara 1, juara 2, juara 3, juara 4, juara 5, juara 6-10, dan juara 11 sampai 12 dengan nominal hadiah yang berbeda.

Untuk info pendaftaran lebih lanjut dapat menghubungi Hesnud Daulah di nomor 0878 5336 1842 kategori junior SD, Agung Shobirin 0812 3314 8393 kategori senior, dan Imam Buchori 0813 3337 4449 khusus junior SD wilayah Surabaya.
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed