DetikNews
Rabu 08 Agustus 2018, 11:09 WIB

Seminggu Perluasan Ganjil-Genap, Dishub: Macet Turun 30 Persen

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Seminggu Perluasan Ganjil-Genap, Dishub: Macet Turun 30 Persen Ilustrasi/tilang ganjil-genap. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI mengatakan perluasan ganjil-genap membawa dampak positif. Dishub menyebut kemacetan di Jakarta turun 30 persen dalam seminggu.

"Perbandingannya satu minggu sebelum dan satu minggu setelah. Di situ ada peningkatan kecepatan rata-rata 30 persen. Waktu tempuh juga ada sekitar delay dalam arti kata lebih cepat, jadi ada penurunan, sekitar 25-30 persen," kata Kepala Dishub DKI Andri Yansyah di lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (8/8/2018).

Menurut Andri, ganjil-genap juga membawa dampak penambahan penumpang TransJakarta. Kenaikan jumlah penumpang mencapai 9 persen.



"Untuk data dari TransJakarta ada peningkatan sebesar 9 persen," sebutnya.

Andri mengaku belum menghitung volume kendaraan yang berkurang akibat perluasan ganjil-genap. Dia hanya mencatat kenaikan kecepatan kendaraan dari 15 kilometer per jam menjadi 30 kilometer per jam.

"Indikator kecepatan yang tadi. Biasanya sekitar 15-20 kilometer per jam, sekarang hampir sekitar 25-30 kilometer per jam. Tetapi memang yang di ruas ganjil-genap saja," katanya.

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed