DetikNews
Selasa 07 Agustus 2018, 14:46 WIB

Kurangi Pengangguran, Pertamina Latih Siswa SMK Ilmu Perbengkelan

Moch Prima Fauzi - detikNews
Kurangi Pengangguran, Pertamina Latih Siswa SMK Ilmu Perbengkelan Foto: Pertamina
Jakarta - Untuk menumbuhkan usaha perbengkelan di Bekasi, Jawa Barat, PT Pertamina Lubricants meluncurkan program Enduro Student Program (ESP) bagi siswa-siswi terpilih dari berbagai SMK Otmotif dan Teknik serta SMA. Dalam program ini, para siswa akan mendapat pelatihan perbengkelan.

"Salah satu alasan kami memilih Bekasi sebagai wilayah program dikarenakan selain sebagai wilayah Ring 1 perusahaan, kota Bekasi dalam wilayah Jawa Barat dengan tingkat pengangguran yang masih terbilang tinggi," ujar Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants, Fitri Erika dalam keterangan tertulis, Selasa (7/8/2018).

"Dengan program ini, kami berharap dapat membangun mimpi anak muda untuk menciptakan usaha mandiri dan nantinya membantu menciptakan lapangan pekerjaan di bidang perbengkelan," pungkas Fitri.



Para peserta pelatihan ini terlebih dahulu melewati seleksi dan penyaringan yang memenuhi kualifikasi. Mereka akan mengikuti pelatihan teknis dan non-teknis sepeda motor di Balai Latihan Kerja Kompetensi (BLKK) sekitar satu bulan.

Mereka diberikan materi berupa pembangunan karakter, wawasan kebangsaan, pengelolaan limbah dan lingkungan, kewirausahaan, product knowledge, dan creative thinking. Dari segi teknis mereka mendapatkan pengenalan, perawatan dan perbaikan kendaraan roda dua.

Setelah lulus dari BLKK, peserta melanjutkan program dengan melakukan praktek kerja (magang) di bengkel mitra binaan PT Pertamina Lubricants di wilayah Bekasi.

"Pada tahap magang, peserta benar-benar diajak terjun langsung secara real untuk belajar teknis keterampilan bengkel sepeda motor sekaligus belajar menjalankan bisnis bengkel skala kecil dan medium," ungkap Noor Khakim, Sales Area Manager III wilayah Jawa Barat PT Pertamina Lubricants.

"Selanjutnya, setelah melalui proses magang selama 45 hari. Peserta akan dibekali dengan pelatihan wirausaha, pelatihan lingkungan dan perencanaan bisnis oleh para ahli di bidangnya. Pada tahap akhir akan dilakukan pendampingan untuk memulai usaha perbengkelan secara berkelompok dengan bantuan modal in-kind alat perbengkelan dari PT Pertamina Lubricants," imbuhnya.



Ini merupakan ESP yang dijalankan di wilayah kelima. Sebelumnya, PT Pertamina Lubricants pertama kali meluncurkan di Cilacap oleh Production Unit Cilacap (PUC) pada tahun 2016 di Gresik dan Lamongan. Kemudian Production Unit Gresik (PUG) pada pertengahan 2017 dan di Blora, Tuban dan Bojonegoro juga pada tahun 2017. ESP juga baru saja di luncurkan kembali di Nusa Tenggara Timur Juli lalu.







(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed