DetikNews
Selasa 07 Agustus 2018, 06:19 WIB

Galang Bantuan Korban Gempa NTB, Mentan Sumbang Gaji Setahun

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Galang Bantuan Korban Gempa NTB, Mentan Sumbang Gaji Setahun Menteri Pertanian Andi Amran (Foto: Dok Kementan)
Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menggalang bantuan untuk membantu para korban gempa berkekuatan 7 Skala Ritcher (SR) di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mentan Andi Amran Sulaiman mengungkapkan, dalam jangka waktu 3 jam, pihaknya mampu mengumpulkan dana lebih dari Rp 10 miliar.

"Sekitar 3 jam kami berkoordinasi, terkumpul Rp 10 miliar lebih. Baik berupa uang, bahan makanan, maupun hewan ternak", kata Amran dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/8/2018).

Jumlah tersebut, dikatakan oleh Amran, dikumpulkan dari berbagai pihak yang berkoordinasi dengan pihak Kementan. Bahkan, Amran pun mendonasikan gajinya selama 1 tahun untuk para korban.

Tak hanya itu, Amran juga menuturkan, pihaknya juga mengajak keluarga pertanian di seluruh Indonesia untuk berkontribusi dalam memberikan bantuan. Ia menyampaikan, hasil panen yang diberikan dari keluarga pertanian tersebut akan berarti bagi para korban gempa NTB.

"Ada 100 juta lebih keluarga pertanian di Indonesia kami ajak untuk sama-sama memberi sumbangan bantuan apapun bentuknya. 1 ekor ayam, 1 butir kelapa, 1 butir telur akan sangat berarti bagi keluarga saudara kita di sana", ujarnya.

Meski begitu, ia mengungkapkan, pihak Kementan hanya mengkoordinir segala bentuk bantuan dari masyarakat. Selanjutnya, ia menyampaikan, proses distribusi dipercayakan pada stafnya yang terjun ke lokasi.

"Kementan hanya mengkoordinir pengumpulan dan penyerahan bantuan. Untuk distribusi selanjutnya kami percayakan pada teman-teman yang bertugas di sana," tutup Amran.



Tonton juga video: 'Kondisi Mengenaskan Dekat Pusat Gempa Lombok'

[Gambas:Video 20detik]



Galang Bantuan Korban Gempa NTB, Mentan Sumbang Gaji Setahun

(yas/yas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed