Wiranto: 6 Orang Tewas di Gili Trawangan, 1.870 Orang Dievakuasi

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Senin, 06 Agu 2018 17:29 WIB
Pengungsi pasca gempa Lombok/Foto: Antara Foto
Mataram - Menko Polhukam Wiranto memperbarui informasi mengenai korban akibat gempa Lombok berkekuatan 7 SR. Dilaporkan ada 6 orang meninggal dunia di Gili Trawangan.

"Khusus di Gili Trawangan, daerah lokasi wisata kebanyakan orang asing. Ada 6 orang meninggal dunia, tetapi bukan orang asing," ujar Wiranto dalam jumpa pers di Korem 162 Wira Bhakti, Mataram, NTB< Senin (6/8/2018).

Wiranto menyebut total korban meninggal dunia akibat gempa Lombok sebanyak 82 orang. Data ini berbeda dengan laporan BNPB yang menyebut korban jiwa mencapai 91 orang.



Khusus untuk Gili Trawangan, instansi terkait melakukan evakuasi turis, wisatawan lokal termasuk warga setempat. Evakuasi dilakukan dengan mengarahkan 4 kapal Polda, 3 kapal Pelni, 2 kapal Mabes Polri dan 2 kapal TNI AL

"Dari Gili Trawangan itu sudah dapat diangkut 1.870 orang ke Pelabuhan Bangsal. Dari Polda, Pemda menyediakan bus untuk menuju Mataram," sambungnya.




Wiranto memastikan penanganan pasca gempa Lombok dilakukan lewat koordinasi antar instansi. Selain mengerahkan tim gabungan untuk evakuasi, kapal untuk rumah sakit darurat juga merapat ke Lombok.

"Dengan adanya gempa susulan masyarakat trauma kembali ke rumah, mereka mendirikan tenda di lapangan dekat tempat tinggal mereka. Kita masih perlu tambahan tenda, kita dari BNPB dari sudah meluncurkan 100 tenda lalu TNI dan Polri," sambung Wiranto.




Tonton juga 'Ramai Isu Tsunami Susulan di Lombok, BNPB: Itu Hoax!':





Wiranto: 6 Orang Tewas di Gili Trawangan, 1.870 Orang Dievakuasi
(fdn/fdn)