Gunung Anak Krakatau Batuk, Getarannya Terasa di Pesisir Serang

M Iqbal - detikNews
Senin, 06 Agu 2018 15:01 WIB
Foto: iqbal
Serang - Gunung Anak Krakatau menyemburkan asap tebal akibat peningkatan aktivitas sejak Jumat (28/7). Dentuman dan getaran letusan Anak Krakatau terasa di Serang hingga Pandeglang, Banten.

Hampir setiap hari warga di pesisir pantai Serang-Pandeglang seperti Anyer dan Carita mendengar suara letusan Anak Krakatau. Suara itu terdengar jelas saat malam hari.

Salah seorang warga Tanjung Lesung, Pandeglang, Endang, mengaku hampir setiap hari mendengar suara letusan Anak Krakatau. Peristiwa itu ia alami sekitar satu minggu.

"Iya, suaranya jelas kedengaran hampir satu minggu ini," kata Endang kepada detikcom, Senin (6/8/2018).

Sejauh ini, akibat dentuman letusan gunung api aktif itu tidak mendengar adanya rumah rekat atau hancur. Hanya saja, getarannya terasa tiap kali bunyi letusan terdengar.

"Nggak ada (rumah retak), cuma getarannya aja," katanya.

Endang merasa khawatir akibat getaran yang dirasakan serta suara dentuman yang ditimbulkan dari peningkatan aktivitas Anak Krakatau tersebut.

"Agak khawatir juga, apalagi kalau malam hari suaranya jelas banget malah di rumah kaca sampai getar," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pos Pemantau Pasurusan Gunung Api Krakatau, Deny Mardiono getaran itu ditimbulkan dari peningkatan aktivitas Anak Krakatau yang terjadi sejak seminggu lalu.

"Kegempaannya sedang meningkat yang tadinya fluktuatif sekarang meningkat yang ditunjukkan dengan gempa temor menerus," ujarnya.


Tonton juga video: 'Potret Gunung Anak Krakatau Erupsi dan Muntahkan Lava Pijar'

[Gambas:Video 20detik]


Gunung Anak Krakatau Batuk, Getarannya Terasa di Pesisir Serang
(asp/asp)