DetikNews
Senin 06 Agustus 2018, 14:24 WIB

Anies Pastikan Kali Item Sudah Tak Bau

Usman Hadi - detikNews
Anies Pastikan Kali Item Sudah Tak Bau Anies Baswedan saat mengantar anaknya kuliah di UGM, Senin (6/8/2018) (Foto: Usman Hadi/detikcom)
FOKUS BERITA: Jurus Usir Bau Kali Item
Sleman - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan Kali Item di dekat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, sudah tidak bau. Berbagai upaya memang sudah dilakukan Pemprov DKI untuk mengatasi persoalan tersebut.

"Yang masih bau di medsos, kalau di sana (Kali Item) sudah nggak bau," kata Anies kepada wartawan di sela menghadiri acara Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) Universitas Gadjah Mada (UGM), Senin (6/8/2018).


HKTI menabur serbuk penghilang bau di Kali ItemHKTI menabur serbuk penghilang bau di Kali Item (Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Namun Anies tidak bersedia berkomentar terlalu jauh tentang kondisi Kali Item. Saat ditanya wartawan terkait penanganan Kali Item dia tidak menanggapi.

"Sudah cukup," ucap Anies lalu meninggalkan awak media.


Kali Item terutama di dekat Wisma Atlet Kemayoran sempat menjadi sorotan. Hal ini bermula saat dipasangnya waring berwarna hitam. Pemprov menyebut waring dipasang untuk mengurangi bau dari Kali Item.

LIPI memasang dua unit teknologi nano bubble generator di Kali Item untuk menghilangkan bauLIPI memasang dua unit teknologi nano bubble generator di Kali Item untuk menghilangkan bau (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Di Kali Item juga sempat ditaburkan serbuk penghilang bau bernama DeoGone sebanyak 500 kg. Serbuk ini mengandung mikrob yang dapat menghilangkan bau busuk dari limbah cair. Namun diperkirakan dibutuhkan DeoGone hingga 7 ton.


Mesin pengurai bau, aerator, juga sudah dipasang di Kali Item. Petugas UPK Badan Air juga terus mengangkut sampah yang ada di Kali Item.



Tonton juga video: 'Hilangkan Bau, Cairan Mikroba Disemprot ke Kali Item'

[Gambas:Video 20detik]


Anies Pastikan Kali Item Sudah Tak Bau

(sip/jbr)
FOKUS BERITA: Jurus Usir Bau Kali Item
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed