DetikNews
Senin 06 Agustus 2018, 13:19 WIB

Minimalisir Polusi, Sandiaga 'Kandangkan' Belasan Kopaja

Mochamad Zhacky - detikNews
Minimalisir Polusi, Sandiaga Kandangkan Belasan Kopaja Foto: Sandiaga Uno (Fida/detikcom)
Jakarta - Sambil olahraga lari, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyeleksi kendaraan umum yang tidak laik beroperasi. Dia mengaku telah mengandangkan belasan bus Kopaja.

"Saya sudah sampaikan selama satu-dua bulan saya lari, saya sudah mengandangkan lebih dari 12 Kopaja dan bus sedang atau Metro Mini yang melanggar dan ngebul," kata Sandiaga di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Senin (6/8/2018).


Sandiaga meminta Dinas Perhubungan DKI bersikap tegas terhadap kendaraan umum yang tak lolos uji emisi. Wagub usungan Gerindra dan PKS itu ingin kualitas udara Jakarta bagus, baik selama Asian Games dan seterusnya.

"Ordernya sangat jelas dan tegas bahwa kualitas udara kita yang terbaik di Jakarta dan untuk yang melanggar ketentuan akan ditindak tegas, istilahnya dikandangkan," tegas Sandiaga.



Untuk memantau kualitas udara selama Asian Games, Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI mengoperasikan stasiun pemantau kualitas udara mobile di arena-arena Asian Games di Jakarta. Alat pemantau tersebut dipasang di Wisma Atlet Kemayoran, equestrian dan arena golf di Pondok Indah.

"Alat ini akan menghasilkan data untuk paramater CO (karbon monoksida), NO2 (nitrogen dioksida), ozon, SO2 (belerang dioksida) dan data meteorologi. Data tersebut nanti diolah di laboratorium Dinas LH dan diinformasikan sebagai indeks standar pencemaran udara. Indeks ini menggambarkan kualitas pada lokasi yang dipantau," papar Isnawa dalam keterangan tertulis.



Tonton juga video: 'Ilmuwan Cerdas Ubah Polusi Menjadi Tinta'

[Gambas:Video 20detik]



Minimalisir Polusi, Sandiaga 'Kandangkan' Belasan Kopaja

(zak/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed