34 Orang Tewas Akibat Guncangan Gempa 7 SR di NTB

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 06 Agu 2018 01:01 WIB
Foto: Antara Foto/Nyoman Budhiana
Lombok Timur - Sebanyak 34 orang di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) tewas akibat guncangan gampa 7 Skala Richter (SR). Ratusan warga terluka.

"Dari data terakhir yang saya terima dari kawan-kawan Pemda juga para Babinsa, kurang lebih 34 orang meninggal," kata Dandim 1606/ Lombok Barat Letkol Czi Joko Rahmanto kepada detikcom, Senin (6/8/2018) pukul 00.40 WIB.


Wilayah militer Kodim 1606/ Lombok Barat juga mencakup Lombok Utara. Joko mengatakan Lombok Utara dihuni sekitar 1.500 kepala keluarga.

"Lima wilayah kecamatan di Lombok Utara yaitu Pemenang, Tanjung, Gangga, Kayangan dan Bayan kena (gempa) semua. Ratusan orang dilaporkan luka-luka," ujar Joko.


Selainn korban jiwa, gempa 7 SR itu juga mengakibatkan sejumlah infrastruktur rusak. Salah satunya jembatan di kawasan Gunung Pusuk.

"Informasi dari lapangan juga jembatan putus dan akses jalan dari Gunung Pusuk longsor. Itu memutuskan akses jalan dari Lombok Utara ke Mataram," kata Joko.


Titik gempa 7 SR itu berpusat di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gempa terasa hingga ke Lombok Timur. Gempa terjadi pada pukul 18.46 WIB tadi.

Lokasi gempa berada di titik 8.37 LS dan 116.48 BT. Gempa terjadi pada kedalaman 15 km. Sempat disebutkan gempa berpotensi tsunami. (aud/jor)