detikNews
Minggu 05 Agustus 2018, 16:18 WIB

Laporan Dari Mekah

Pengobatan Selama di Saudi Gratis, Jemaah Tak Perlu Ragu Berobat

Fajar Pratama - detikNews
Pengobatan Selama di Saudi Gratis, Jemaah Tak Perlu Ragu Berobat Foto: Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Mekah dr Nirwan Satria (Fajar Pratama/detikcom)
Mekah - Ibadah haji dan rangkaian perjalanannya merupakan kegiatan yang menyita kekuatan fisik. Jemaah haji yang mengeluhkan kondisi kesehatan, jangan ragu berobat. Seluruh pengobatan selama di Arab Saudi gratis.

"Gratis, jemaah haji Indonesia jangan takut berobat, semua gratis tidak dipungut biaya," ujar Kepala Klini Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Mekah Nirwan Satria di Mekah, Minggu (5/8/2018).

Nirwan mengatakan penggratisan biaya berobat berlaku mulai dari pengobatan di kloter, sektor sampai KKHI. Ketika ada jemaah yang perlu dirujuk ke rumah sakit-rumah sakit di Arab Saudi pun juba tidk dikenakan biaya.

"Ambulans juga gratis, mau bolak-balik diantar juga gratis," kata Nirwan.

Bahkan, tambahnya lagi, tindakan medis yang biasanya menelan biaya besar seperti operasi jantung juga gratis. Tak perlu antre.



"Karena di sini, tamu-tamu Allah dilayani dengan baik sekali," ujar Nirwan.

Kendati biaya pengobatan dan perawatan di Tanah Suci gratis, tentu saja jemaah harus menjaga kesehatan masing-masing. Jangan melakukan aktivitas yang kontraproduktif.

"Biasanya begitu sampai, jemaah justru sibuk belanja, ini yang sebaiknya dihindari," pungkas Nirwan.
(fjp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com