detikNews
Sabtu 04 Agustus 2018, 15:39 WIB

Regu Pemadam Kebakaran APP Sinar Mas Kawal Kirab Obor Asian Games

Suci Rizky Lestari - detikNews
Regu Pemadam Kebakaran APP Sinar Mas Kawal Kirab Obor Asian Games Dok. APP Sinar Mas
Palembang - Obor Asian Games yang sudah sampai di Sumatera Selatan akan dibawa keliling melintasi sejumlah titik di Kota Palembang. Kirab obor (torch relay) dimulai dari Jakabaring Sport City, Stadion Gelora Sriwijaya, Kejaksaan Tinggi Sumsel, hingga berakhir di Plaza Benteng Kuto Besak.

Kadispora Provinsi Sumatera Selatan Ahmad Yusuf Wibowo mengungkapkan, penyambutan api abadi diawali dengan aksi akrobatik udara oleh Marsdya TNI (Purn) Eris Haryanto yang diterjunkan oleh TNI AU dari ketinggian. Api obor dalam tinder yang dibawa penerjun TNI AU diserahkan kepada Marsekal Pertama Eko Dono. Api obor diberikan secara estafet kepada Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Selanjutnya api obor dinyalakan di mini cauldron untuk diberikan kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Api yang dibawa Alex diberikan kemudian berakhir di tangan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk diarak menuju jalan raya.


"Yang unik dari kirab obor di Palembang yaitu 52 personel TNI AU terjun payung membawa api dalam tinder box. Lalu ada pengibaran bendera dari negara peserta di Jakabaring," kata Ahmad saat dihubungi detikcom.

Ragu Pemadam Kebakaran (RPK) Asia Pulp Paper (APP) Sinar Mas juga ikut mengawal pawai obor Asian Games 2018 di Palembang. APP Sinarmas melibatkan 50 personel RPK di kegiatan kirab obor untuk menjukkan kesiapannya dalam mendukung dan mensukseskan Asian Games tanpa kebakaran hutan dan bencana asap.

Regu Pemadam Kebakaran APP Sinar Mas Kawal Kirab Obor di PalembangFoto: Suci Lestari/Detikcom


APP Sinar Mas Siaga Antisipasi Karhutla Jelang Asian Games 2018, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]



"Kami libatkan 50 orang RPK dengan kendaraan roda dua dan roda empat untuk menunjukkan komitmen bahwa kami siap mendukung dan mensukseskan Asian Games 2018," kata General Manager Fire Management APP Sinar Mas Sujica Lusaka.

Lanjut Sujica, APP Sinar Mas sengaja mengirim RPK dengan sergam dan peralatan lengkap untuk menunjukkan kesiapsiagaan APP Sinar Mas.


(idr/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com