detikNews
Jumat 03 Agustus 2018, 11:15 WIB

Soekarwo Mbalelo?

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Soekarwo Mbalelo? Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom
Jakarta -

Kabar mengejutkan datang dari Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo. Meski SBY dan Prabowo sepakat berkoalisi, ternyata suara akar rumput PD di Jatim banyak mendukung Jokowi. Nah, lo!

"Ya, jelas (tetap sebagai Demokrat). Tapi kalau tanya pilihan, ya jadi urusan pribadi masing-masing," ujar Soekarwo di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (2/8/2018).


Melihat fenomena unik itu, Soekarwo, yang akrab disapa Pakde Karwo, bahkan sudah melaporkan ke DPP Partai Demokrat. Ternyata yang meminta survei soal pilihan akar rumput PD itu adalah DPP PD di bawah Ketua Umum SBY.

"Kalau di Jawa Timur itu sebagian besar ke Pak Jokowi, nomor 2 ke Pak Prabowo, itu pengurus. Itu sesuai dengan surat edaran DPP dalam rangka DPP ingin melihat sebetulnya pandangan pengurus sampai dengan kabupaten/kota," ungkap Soekarwo.

Lantas kenapa Pakde Karwo mengungkap kuatnya dukungan akar rumput Partai Demokrat ke Jokowi? Hal ini cukup menggelitik lantaran Pakde Karwo mengungkap fakta mengejutkan saat Ketum SBY sedang serius membangun koalisi dengan Prabowo, bahkan sampai PD mengusulkan duet Prabowo-AHY untuk Pilpres 2019.


Meski terkesan mengungkap fakta lain yang berbeda dengan keputusan DPP PD, manuver mengejutkan Pakde Karwo ini tak dianggap sebagai upaya mbalelo. DPP PD hanya minta DPW Jatim menghormati keputusan DPP yang sudah mengarahkan koalisi ke Prabowo.

Juga tak ada sanksi yang diberikan DPP PD ke Soekarwo.
"Nggak (disanksi)," kata Ketua Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean ketika dimintai konfirmasi, Kamis (2/8/2018).

Apakah pernyataan Pakde Karwo ini akan mempengaruhi penjajakan koalisi yang sedang dilakukan SBY-Prabowo dan dua partai lainnya, yakni PKS dan PAN?



Tonton juga video: 'Beda Sudut Pandang, Demokrat dan PDIP Sukar Bersatu'

[Gambas:Video 20detik]



Soekarwo Mbalelo?

(van/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed