DetikNews
Jumat 03 Agustus 2018, 10:23 WIB

Depok Kaji Ganjil-Genap di Jalan Margonda Saat Weekend

Matius Alfons - detikNews
Depok Kaji Ganjil-Genap di Jalan Margonda Saat Weekend Jalan Magonda Raya, Depok (Grandyos Zafna/detikcom)
Depok - Pemkot Depok tengah berupaya mengatasi kemacetan di Jalan Margonda Raya, terutama saat weekend. Saat ini Pemkot Depok tengah mengkaji penerapan sistem ganjil-genap di kawasan tersebut.

"Jadi ini masih dikaji ya, kita belum ke tahap uji coba. Kajiannya belum selesai," kata Kadishub Depok Dadang Wihana saat dihubungi detikcom, Jumat (3/8/2018).

Jalan Margonda Raya merupakan jalan utama Depok yang juga menjadi jalan penghubung ke Jakarta. Kemacetan terjadi setiap saat di jalan tersebut, terutama pada akhir pekan.

Pusat perbelanjaan di sepanjang Jalan Margonda Raya menjadi tujuan masyarakat Depok berakhir pekan, sehingga kemacetan sudah menjadi pemandangan saat akhir pekan.

"Jadi, dengan potensi kemacetan yang ada di Depok, terutama di Jalan Margonda Raya, Pak Wali instruksikan ke saya untuk melakukan kajian manajemen rekayasa lalin," jelas Dadang.


Dadang mengatakan pihaknya menyiapkan beberapa alternatif kajian untuk mengatasi kemacetan di Jalan Margonda Raya. Pelebaran jalan sudah tidak mungkin dilakukan, sehingga pihaknya mencoba mengkaji alternatif penerapan ganjil-genap.

"Saat ini dikaji ganjil-genap di Margonda saat weekend, karena weekend itu sangat padat. Kita bisa merasakan Sabtu-Minggu padat, sementara Margonda tidak bisa menambah jalan lagi," jelasnya.

Hasil kajian ini nantinya akan dibahas dalam forum group discussion (FGD) yang melibatkan sejumlah ahli dan masyarakat untuk mencari kesepakatan maupun alternatif lain jika tidak disetujui dalam forum tersebut.

"Setelah ada kesepakatan dari para pihak, baru selanjutnya kita lakukan uji coba. Jadi ini belum selesai kajiannya," Dadang menuntaskan.


Tonton juga video: 'Mobil yang Melanggar Ganjil-Genap Dikeluarkan dari Jalur'

[Gambas:Video 20detik]



Depok Kaji Ganjil-Genap di Jalan Margonda Saat Weekend

(mei/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed