DetikNews
Kamis 02 Agustus 2018, 18:09 WIB

LRT di Palembang Sempat Mogok, Jokowi Tertawa

Andhika Prasetia - detikNews
LRT di Palembang Sempat Mogok, Jokowi Tertawa LRT Palembang (Foto: Antara Foto)
Jakarta - Presiden Joko Widodo menyebut LRT Palembang, Sumsel, bukan mogok saat uji operasi mengangkut penumpang. LRT itu disebut sengaja diberhentikan.

"Bukan mogok, saya sudah tanya. Itu memang diberhentikan kok," kata Jokowi menjawab santai seraya tertawa saat ditanya wartawan, Kamis (2/8/2018).

Jokowi mengaku sudah menanyakan langsung kepada pihak terkait soal LRT yang perjalanannya sempat berhenti di tengah lintasan pada Rabu (1/8). Tapi Jokowi tidak menjelaskan maksud dari 'memang diberhentikan' yang disebut.



Juru bicara PT KAI Divre III Palembang, Aidah, sebelumnya menegaskan LRT bukan mogok, melainkan berhenti. Aidah mengatakan pihak terkait akan menyelidiki penyebab berhentinya LRT karena faktor listrik atau karena diguyur hujan lebat.

PT Inka selaku produsen mengakui kereta mengalami kendala teknis saat berada di lintasan 2 km sebelum stasiun bandara. Kereta tidak bisa dijalankan selama ada indikator salah satu sensor menyala. LRT berhenti selama 50 menit pada Rabu (1/8).



"Kendala teknis LRT terjadi pada sensor pintu yang terbaca posisi 'open', sehingga sistem keamanan (failure safe) kereta itu bekerja. Sistem keamanan ini dirancang sebagai keamanan dan mengaktifkan mode 'standby'," terang Manajer Humas PT Inka Exiandri BP.
(fdn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed