detikNews
Kamis 02 Agustus 2018, 15:41 WIB

PPP Yakin Pertamina Bisa Kelola Blok Rokan dengan Baik

Muhammad Idris - detikNews
PPP Yakin Pertamina Bisa Kelola Blok Rokan dengan Baik Ilustrasi (Nadia Permatasari/detikcom)
Jakarta - Anggota Komisi VII DPR RI, Achmad Farial, menyambut baik keputusan pemerintah yang akan menyerahkan pengelolaan Blok Rokan kepada PT Pertamina (Persero) pada 2021. Blok yang selama ini dikelola Chevron ini merupakan salah satu sumur minyak terbesar di Indonesia.

"Kontrak Blok Rokan ini memang akan berakhir, maka sudah seharusnya pemerintah memberikan peluang kepada perusahaan nasional, Pertamina, untuk mengelolanya," kata Farial dalam keterangan tertulis, Kamis (2/8/2018).

Politikus PPP ini menyebut mengelola Blok Rokan ini memang tidak mudah, tapi ia yakin Pertamina bisa melakukannya. Selama ini Blok Rokan, menurut Farial, dikelola dengan teknologi tinggi. Perusahaan tidak hanya dituntut menyedot minyak ke atas, tapi juga harus menyedot minyak yang menempel pada dinding sumur. Pertamina harus memanaskan terlebih dahulu minyak sebelum disedot.


Farial mengusulkan agar selama tiga tahun sebelum pengambilalihan, Pertamina mengambil manajemen dan teknologi dari Chevron.

"Saat mengambil alih blok ini, Pertamina ditantang untuk mampu membuat produksi stabil. Jangan sampai nanti produksi tiba-tiba drop, sehingga bisa membuat malu," tambahnya.

Farial mengusulkan, untuk mengelola blok ini, Pertamina harus bisa menyiapkan anak perusahaan khusus. Blok Rokan, kata dia, tidak bisa langsung jadi tanggung jawab holding perusahaan, karena perlu ada perhatian khusus. Jika bisa tantangan mengelola Blok Rokan ini bisa diatasi, Farial yakin Pertamina akan semakin mengukuhkan dirinya sebagai perusahaan energi kelas dunia (world class company).


Tonton juga video: 'Blok Rokan Dicaplok Pertamina Bukan Karena Pemilu 2019'

[Gambas:Video 20detik]

PPP Yakin Pertamina Bisa Kelola Blok Rokan dengan Baik

(idr/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed