DetikNews
Kamis 02 Agustus 2018, 11:13 WIB

Pelican Crossing Mempermudah Penumpang Mengakses Bus Transj

Mei Amelia R - detikNews
Pelican Crossing Mempermudah Penumpang Mengakses Bus Transj Foto: Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah sukses merobohkan jembatan penyeberangan orang (JPO) Bundaran HI. Anies juga akan melakukan hal serupa di JPO Sarinah dan Bank Indonesia (BI) di Jalan MH Thamrin dan menggantinya dengan pelican crossing.

Sebagaimana diketahui, JPO Sarinah dan BI ini terhubung dengan halte bus Transjakarta. Namun, rencana perobohan JPO itu dinilai tidak akan mengganggu pelayanan penumpang Transjakarta.

Kepala Humas PT Transjakarta Wibowo mengatakan, dengan dirobohkannya JPO tersebut justru akan mempermudah penumpang dalam mengakses halte.

"Dengan adanya pelican crossing ini justru memudahkan masyarakat, sehingga tidak perlu lagi naik-turun JPO," ujar Wibowo saat dihubungi detikcom, Kamis (2/8/2018).


Nantinya, masyarakat tidak perlu capek-capek naik-turun tangga JPO. Masyarakat tinggal menyeberang di pelican crossing dan langsung menuju halte Transjakarta.

"Cukup menyeberang dari pelican crossing bisa mengakses ke halte," ucapnya.

Pelican crossing juga dinilai memberi kemudahan bagi penyandang disabilitas. Di beberapa halte busway, JPO tidak ramah terhadap penyandang disabilitas karena tidak dilengkapi fasilitas khusus seperti lift, misalnya.

Untuk melayani penumpang disabilitas ini, Transjakarta kini menyediakan jalur khusus. Penyandang disabilitas yang hendak naik bus Transjakarta kini tidak perlu naik ke JPO untuk mengakses ke halte.

Sekarang, penyandang disabilitas bisa langsung mengakses halte dengan menyeberang dari trotoar di ujung traffic light. Dari situ, penyandang disabilitas bisa menggunakan jalur khusus yang berada sejajar dengan halte.

"Nanti ada 3-4 petugas per shift yang akan membantu (menyeberangkan disabiilitas) di setiap halte," imbuhnya.



Tonton juga video: 'Waktu Nyeberang di Pelican Crossing HI Terlalu Singkat, Ini Kata Anies'

[Gambas:Video 20detik]

Pelican Crossing Mempermudah Penumpang Mengakses Bus Transj

(mei/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed