DetikNews
Kamis 02 Agustus 2018, 07:41 WIB

Cuitan Jokowi Soal Novel yang Tak Bunyi

Rivki - detikNews
Cuitan Jokowi Soal Novel yang Tak Bunyi Penyidik senior KPK Novel Baswedan (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Kasus teror air keras ke penyidik senior KPK, Novel Baswedan, sudah 1 tahun lebih berlalu. Meski sudah berlangsung lama, namun kasus ini belum menemukan titik terang.

Dirangkum detikcom, Kamis (2/8/2018), Jokowi mencuit soal Novel pada 1 Agustus 2017 lalu. Berikut cuitannya:

"Kasus yang menimpa Pak Novel Baswedan harus segera dituntaskan. Pengusutannya terus mengalami kemajuan -Jkw," tulis Jokowi pada 1 Agustus 2017.



Namun cuitan itu tak bergeming. Kasus Novel hingga saat ini masih menguap, tak diketahui siapa pelaku penyiram air keras tersebut.

Juru bicara Presiden, Johan Budi SP, mengatakan paling tidak sudah dua kali Jokowi memanggil Kapolri Jenderal Tito Karnavian khusus untuk menanyakan kejelasan kasus Novel tersebut. Johan mengatakan itu menunjukkan kepedulian Jokowi terhadap penyelesaian kasus teror tersebut.

"Kapolri juga sudah menyampaikan progres penyelidikan terkait kasus Novel. Tapi tentu Presiden tidak bisa mengambil alih penyelidikan. Terakhir itu pemanggilan Kapolri sebelum Lebaran," kata Johan kepada detikcom, Rabu (1/8/2018).

Ketua KPK Agus Rahardjo, berharap kasus ini segera terungkap. Agus mengatakan dalam waktu dekat KPK bakal menanyakan kembali perkembangan kasus ini ke Polri. Jika nantinya Polri mengaku menyerah, KPK bakal menanyakan kepada Jokowi soal tindak lanjutnya.



"Dalam waktu dekat kami akan menanyakan ke teman-teman Polri lagi. Mungkin kalau misalkan teman-teman Polri sudah menyerah, ya kita menanyakan kepada Presiden apakah ada langkah selanjutnya," ujar Agus.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, menambahkan, sejauh ini polisi telah memeriksa saksi sebanyak 68 orang. Argo tak merinci siapa saja saksi yang telah diperiksa. Hanya saja Argo memastikan pihaknya terus bekerja.

"Sudah 68 saksi (diperiksa)," ucap Argo.

Lantas sampai kapankah kasus teror Novel akan terus menguap?

Novel mengalami teror air keras pada 11 April 2017. Setelah 16 bulan berlalu, Novel kembali bertugas di KPK meski masih harus menjalani pengobatan untuk kedua matanya.



Simak juga video pernyataan 'Novel: Sejak Awal, Polisi Tak Mau Ungkap Kasus Saya!'

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed