DetikNews
Rabu 01 Agustus 2018, 19:13 WIB

Cantik! Gang di Jatipadang Dicat Warna-warni Sambut Agustusan

Yuni Ayu Amida - detikNews
Cantik! Gang di Jatipadang Dicat Warna-warni Sambut Agustusan Foto: Yuni Ayu/detikcom
Jakarta - Warga Gang H Sairan, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, menyambut Asian Games dan HUT Kemerdekaan RI ke-73 dengan melukis mural di tembok. Gang yang sempit pun menjadi menyenangkan dengan adanya mural cantik ini.

Lurah Jatipadang Novian Wijanarko mengatakan mural itu dibuat murni inisiatif warga. Mural tersebut merupakan karya tangan-tangan anak muda setempat yang pandai melukis.

"Itu atas inisiatif dari RT, menindaklanjuti arahan dari kami, kelurahan, camat ,untuk menyambut Asian Games dan 17 Agustus di wilayah lingkungan masing-masing dihias dengan warna-warni, logo-logo Asian Games, ataupun tokoh-tokoh perjuangan," ujar Novian saat ditemui detikcom di kantornya, Jatipadang, Pasar Minggu, Jaksel, pada Rabu (1/8/2018).

Warga melukis di dinding dengan tema HUT RIWarga melukis di dinding dengan tema HUT RI. (Yuni Ayu/detikcom)

"Sehingga RT inisiatif mengumpulkan karang taruna di sana, mengumpulkan seluruh sumber daya yang ada, karang taruna, kadernya, yang bisa digerakkan di sana mencoba menghias," tambahnya.

Awalnya, mural dibuat hanya di Gang Sairan 1. Namun kemudian meluas hingga Gang Sairan 2 setelah warga lainnya melihat keindahan mural tersebut.

Anak-anak bermain di taman olah raga dan balai warga yang sudah dilukisAnak-anak bermain di taman olahraga dan balai warga yang sudah dilukis. (Yuni Ayu/detikcom)


Tidak hanya itu, warga juga melakukan bersih-bersih lingkungan. Tidak ada sampah yang terlihat di gang tersebut.

"Awalnya cuma beberapa rumah, jadi berkeinginan temboknya dicat kembali, sehingga ramailah. Awalnya beberapa (tembok rumah), jadi banyak," ucapnya.

Warga juga secara swadaya mengumpulkan dana untuk membeli cat. Pembuatan mural dilakukan sejak Mei 2018.

Selain mural, warga setempat memasang bendera Merah-Putih hingga umbul-umbul untuk menyambut HUT RI. Hiasan bendera kecil 'memayungi' gang, menambah cantik gang sempit tersebut.

Seorang warga, Ariani (45), mengagumi kreativitas pemuda setempat. Menurutnya, mural mempercantik jalan gang, sehingga jauh dari kesan menakutkan.

Tembok rumah warga juga tidak ketinggalan dilukis dengan gambar bunga-bungaTembok rumah warga juga tidak ketinggalan dilukis dengan gambar bunga-bunga. (Yuni Ayu/detikcom)

"Oh luar biasa, kata gubernur juga begini kok, jempol," ujar Ariani.

Seorang pemuda setempat, Reza (23), mengatakan mural tersebut adalah ide karang taruna setempat. Yang melukis adalah remaja dari usia 15 tahunan.

"Nggak jago banget juga sih, cuma nuangin ide aja di sana, yang penting jadi," kata Reza.

Gambar Sukarno juga terpajang di tembok gangGambar Sukarno juga terpajang di tembok gang. (Yuni Ayu/detikcom)

Mural itu terlukis di tembok di sepanjang gang. Di ujung gang, terdapat mural warna-warni dengan tulisan 'Welcome'.

Ada juga gambar Sukarno dengan latar Merah-Putih dan Persija hingga ondel-ondel di Taman Olahraga dan Balai Warga RT 013 RW 02 Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu. Sejumlah anak kecil tampak riang bermain bola, sepeda, hingga berlarian di situ.

Tembok rumah warga juga tidak ketinggalan dicat warna-warni. Ada juga lukisan abstrak di perkampungan yang disebut 'Kampung Warna-Warni' itu.

Warna tampak mencolok di sepanjang gangWarna tampak mencolok di sepanjang gang. (Yuni Ayu/detikcom)


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed