Laporan dari Mekah

Transformasi Mal di Dekat Masjidil Haram Saat Azan Berkumandang

Fajar Pratama - detikNews
Rabu, 01 Agu 2018 14:15 WIB
Zamzam Tower bertransformasi seperti masjid saat azan berkumandang. (Fajar Pratama/detikcom)
Mekah - Di dekat Masjidil Haram, ada pusat perbelanjaan untuk melayani keperluan jemaah. Namun, begitu azan berkumandang, suasana di dalam mal bertransformasi seperti masjid.

Pusat perbelanjaan itu berada di sisi Abraj Albat atau yang biasa dikenal sebagai Zamzam Tower. Zamzam Tower memiliki pusat perbelanjaan di lima lantai terbawah.

Tak sedikit jemaah yang berkunjung ke pusat perbelanjaan ini. Biasanya mereka memanfaatkan waktu jeda antarsalat.

Semakin mendekati puncak haji, jumlah jemaah yang datang ke kompleks Masjidil Haram naik signifikan. Ruang-ruang di dalam masjid tidak cukup menampung jemaah. Alhasil, jemaah meluber sampai ke pelataran.

 Tak sedikit jemaah yang berkunjung ke pusat perbelanjaan ini. Biasanya, mereka memanfaatkan waktu jeda antar salat. Tak sedikit jemaah yang berkunjung ke pusat perbelanjaan ini. Biasanya mereka memanfaatkan waktu jeda antarsalat. (Fajar Pratama/detikcom)

Pusat perbelanjaan pun terkena imbasnya. Begitu adzan berkumandang, transaksi jual-beli dihentikan. Gerai-gerai ditutup.

Seperti yang tampak pada Selasa (31/7/2018) petang waktu setempat, para penjaga kios dan jemaah pengunjung mal langsung bergegas mengambil air wudu. Mereka kemudian langsung membentuk barisan saf di lantai-lantai mal. Jeda waktu antara azan dan pelaksanaan salat Maghrib tidak memungkinkan bagi jemaah untuk bisa mendekat atau masuk ke Masjidil Haram.


Saat azan, para penjaga kios maupun jemaah pengunjung mal langsung bergegas mengambil air wudhu. Mereka langsung membentuk barisan saf di lantai-lantai mal. Saat azan, para penjaga kios maupun jemaah pengunjung mal bergegas mengambil air wudu. Mereka langsung membentuk barisan saf di lantai-lantai mal. (Fajar Pratama/detikcom)

Pihak mal juga sudah menyiapkan garis-garis saf yang terbentuk dari pola susunan ubin. Jemaah tinggal mengikuti garis saf tersebut.

Seusai salat, ada jemaah di dalam mal yang mengikuti salat sunah jenazah yang dilakukan imam Masjidil Haram. Namun lebih banyak jemaah yang langsung merapikan sajadah dan kembali beraktivitas.


Tonton juga video: 'Suasana Masjidil Haram sebelum Jemaah Haji Datang'

[Gambas:Video 20detik]


Transformasi Mal di Dekat Masjidil Haram Saat Azan Berkumandang

(fjp/aan)