Kakak Cak Imin Mengaku Ditanya KPK Soal TPPU Bupati Nganjuk

Faiq Hidayat - detikNews
Selasa, 31 Jul 2018 15:55 WIB
Kakak Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Abdul Halim Iskandar (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Penyidik KPK memeriksa kakak Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Abdul Halim Iskandar, berkaitan dengan kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat Bupati Nganjuk nonaktif Taufiqurrahman. Abdul diperiksa sebagai saksi.

"Intinya saya ditanyakan apa yang saya tahu tentang Taufiqurrahman sebagai bupati. Sudah gitu saja," ucap Abdul usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (31/7/2018).

Dalam jadwal pemeriksaan di KPK, Abdul disebut sebagai dosen. Dia mengaku mengenal Taufiqurrahman saat menjabat sebagai pengurus Partai Golkar.


"Dia kan orang Jombang. Dia aktif di Golkar, saya di PKB. Kenal sebagai pengurus partai, sudah itu saja. Istrinya kenal karena istrinya Pak Taufiq bukan kenal pribadi," tutur Abdul.

Sebelum dijerat dengan TPPU, Taufiqurrahman ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus suap soal mutasi dan promosi jabatan di Pemkab Nganjuk. Taufiqurrahman diduga mengalihkan gratifikasi yang diterimanya dari 2013 hingga 2017. KPK menyebut ada transfer pembelian mobil menggunakan nama orang lain hingga pembelian aset berupa tanah. (fai/dhn)