Lurah: Pembatas Jalan Pasar Rebo Warna-warni Sejak 2017

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 31 Jul 2018 15:52 WIB
Pembatas jalan Jl TB Simatupang, Pasar Rebo (Foto: Dok. Kelurahan Gedong)
Jakarta - Perubahan warna pembatas jalan dari warna-warni menjadi hitam putih di beberapa wilayah jadi sorotan, salah satunya di Jl TB Simatupang, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Lurah mengatakan pembatas jalan sudah berwarna-warni sejak 2017.

"Iya (warna-warni sejak 2017). Kami sudah sejak 2017 melakukan pengecatan. Kemarin jelang Asian Games dicat ulang," kata Lurah Gedong, Pasar Rebo Jakarta Timur, Eko Kusdaryarti saat dihubungi, Selasa (31/7/2018).



Pada Juli 2017, pembatas jalan di Jl TB Simatupang, Pasar Rebo itu warna-warni. Kusdaryati mengatakan dia rutin menginstruksikan pengecatan pembatas jalan yaitu dua kali setahun. Namun, kali ini pengecatan dipercepat.

"Saya yang nyuruh. Memang biasanya kami setahun dua kali ngecat kanstin. Ini berhubung ada Asian Games jadi lebih awal dicatnya," ungkapnya.

Kemudian pada akhir pekan lalu, pembatas jalan itu dicat jadi hitam putih. Kusdaryati mengatakan hal itu atas instruksi Wali Kota Jakarta Timur M Anwar.



Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Anies Baswedan juga menjelaskan alasan pembatas jalan warna-warni dicat hitam putih. Utamanya demi keselamatan.

"Ada ketentuan-ketentuan mengenai marka-marka jalan," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (31/7/2018).

Anies mendapat penjelasan dari Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Yusmada Faizal tentang ketentuan soal marka jalan. Salah satunya adalah soal warna untuk kepentingan keamanan.

"Asisten Pembangunan kemarin menjelaskan bahwa ketentuan tentang marka jalan penting untuk ditaati karena memiliki fungsi tidak hanya untuk estetika tapi juga untuk safety," imbuhnya. (imk/tor)