Lucunya Anak Harimau Sumatera Lahir Alami di Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 31 Jul 2018 12:03 WIB
Foto: Harimau Sumatera melahirkan (wwf-KLHK)
Pekanbaru - Lucu dan menggemaskan. Begitulah penampakan video trap yang mengabadikan seekor harimau sumatera melahirkan dua generasi.

Rekaman video yang terpasang di hutan belantara di Riau itu merupakan kerjasama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dengan WWF Indonesia.

Pada video yang dilihat detikcom, Selasa (31/7/2018), terlihat induk harimau sumatera yang diberi nama Rima melintas di hutan. Sang induk berjalan di depan. Tiga ekor anaknya berjalan dibelakang.

Anak-anak harimau itu terlihat imut-imut yang besar tubuhnya seukuran kucing dewasa. Sang induk terlihat berhenti persis di depan kamera yang tersembunyi. Dia menolah ke belakang sembari menunggu anak-anaknya. Rekaman itu terjadi pada tahun 2015.

Masih video tersebut, pada awal 2017, anak-anak harimau yang mungil dan menggemaskan itu kembali terekam. Hanya saja, tentunya ketiga ekor anak itu kini sudah remaja. Salah satu anak harimau yang remaja sempat melihat ke arah kamera. Tak lama dua saudaranya menyusul dan mengejarnya. Tampak anak-anak harimau remaja dengan usia lebih dua tahun tahun saling berkejaran di alam liarnya.

Pada Juni 2017, induk harimau bernama Rima terlihat kawin dengan harimau jantan yang diberima Uma. Keduanya terrekam dalam kamera lagi kawin secara alami. Hasil perkawinannya kembali melahirkan generasi keduanya.

Desember 2017, induk harimau kembali muncul di habitatnya dengan membawa 4 ekor anak-anaknya yang masih kecil. Anak-anak harimau itu diperkirakan hasil perkawinan di bulan Juni 2017.

Anak-anak harimau itu tampak berjalan di belakang induknya. Lagi-lagi anak-anak harimau mungil itu sangat menggemaskan. Dengan demikian, satu induk harimau sumatera ini sudah melahirkan dua generasi dengan lahiran pertama 3 ekor dan kedua 4 ekor. (cha/asp)