detikNews
Senin 30 Juli 2018, 17:10 WIB

Bukti KPK di Praperadilan Anggota DPRD Sumut Ditolak Hakim

Haris Fadhil - detikNews
Bukti KPK di Praperadilan Anggota DPRD Sumut Ditolak Hakim Ilustrasi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Bukti tertulis yang diajukan KPK ditolak hakim sidang praperadilan yang diajukan empat tersangka kasus suap mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho. Menurut KPK, penolakan itu tanpa adanya penjelasan.

"Hari ini, KPK berencana mengajukan bukti tertulis untuk kepentingan pembuktian kompetensi relatif, namun hakim menolak tanpa memberikan penjelasan tentang alasan penolakan kepada termohon," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Senin (30/7/2018).

Agenda sidang hari ini, disebut Febri, beragendakan pembacaan replik. Hakim tunggal yang mengadili sidang adalah Erintua Damanik dengan panitera pengganti Eridawati.


"Kami berharap persidangan dapat dilakukan secara fair dengan menjunjung tinggi independensi dan imparsialitas," ujar Febri.

Empat tersangka yang mengajukan praperadilan tersebut adalah Washington Pane, M Faisal, Syafrida Fitrie, dan Arifin Nainggolan. Mereka mengajukan praperadilan atas status tersangka lantaran merasa tidak menerima apa pun. Namun Febri menyebut KPK sudah punya cukup bukti permulaan sehingga meningkatkan perkara ke penyidikan.
(haf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com