Gerindra-Demokrat Deal Koalisi, AHY Siap Jadi Cawapres?

Sahaya Annisa - detikNews
Senin, 30 Jul 2018 14:35 WIB
Foto: Sahaya Annisa/detikcom
Jakarta - Partai Gerindra dan Demokrat sepakat berkoalisi untuk Pilpres 2019. Nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sempat santer disebut bakal menjadi cawapres Prabowo Subianto. AHY menanggapinya diplomatis.

"Saya tentunya sama seperti kader-kader Partai Demokrat lainnya, termasuk saya yakin partai-partai politik lain juga punya harapan bahwa kader-kadernya bisa mendapatkan peran yang baik, apakah itu dalam posisi cawapres. Ekspektasi itu tentunya harus disesuaikan dengan politik lain juga punya harapan bahwa kader-kadernya bisa mendapatkan peran yang baik," kata AHY seusai deklarasi relawan di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (30/7/2018).



AHY mengatakan saat ini masih terus menjalin komunikasi dengan partai koalisi lainnya terkait posisi cawapres tersebut. Namun dia menjabarkan hasil survei terkait elektabilitas dirinya di kontestasi pilpres.

"Nah, yang terus kita lakukan sekarang ini adalah membuka komunikasi seluas-luasnya, apakah bertemu antara ekspektasi publik yang sering kali dipotretkan hasil-hasil survei elektabilitas yang kita tahu selalu diukur dari waktu ke waktu ada peningkatan elektabilitas AHY. Memang di sana saya syukuri, saya berterima kasih. Artinya, ada harapan dari masyarakat luas agar AHY juga bisa menjadi salah satu alternatif," katanya.

Soal pilpres, sebelumnya, ayah AHY, yang juga Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, sepakat berkoalisi dengan Partai Gerindra. SBY juga menyerahkan soal cawapres kepada Ketum Gerindra Prabowo Subianto.



"Kepemimpinan yang akan datang dan pemerintahan yang akan datang, mestinya pemimpin yang mampu dan mau mengatasi masalah rakyat itu. Itu akhirnya Pak Prabowo mengambil keputusan nanti siapa yang akan menjadi running mate-nya, yang mampu mengatasi keadaan itu (kesulitan bangsa)," kata SBY dalam jumpa pers bareng Prabowo di Jl Kertanegara, Jakarta, Senin (30/7/2018). (nkn/elz)