detikNews
Senin 30 Juli 2018, 09:14 WIB

Tertangkap Kasus Narkoba, AKBP Hartono ke Jakarta untuk Pelatihan

Mei Amelia R - detikNews
Tertangkap Kasus Narkoba, AKBP Hartono ke Jakarta untuk Pelatihan Direktur IV Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri Brigjen Eko Daniyanto. Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta - Wakil Direktur Narkoba Polda Kalimantan Barat AKBP Hartono ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta karena membawa sabu. Hartono datang ke Jakarta untuk mengikuti pelatihan reserse di Bareskrim Polri.

"Iya memang yang bersangkutan seharusnya mengikuti pelatihan manajemen penyidikan elektronik (e-management) di Bareskrim Polri," kata Direktur IV Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri Brigjen Eko Daniyanto kepada detikcom, Senin (30/7/2018).

Sementara, terkait hasil tes urine Hartono yng negatif narkoba, Eko mengatakan hal itu tidak menjadi persoalan. Hartono harus mempertanggungjawabkan barang bukti sabu yang ada padanya.



"Masalah hasilnya (tes urine) negatif, yang jelas adalah yang bersangkutan kedapatan membawa barang narkotika dan ini harus diproses sampai tuntas," tutur Eko.

Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Narkoba Polda Kalimantan Barat Kombes Purnama Barus. Barus mengatakan Hartono terbang ke Jakarta untuk mengikuti pelatihan di Bareskrim Polri.


"Iya yang bersangkutan ke Jakarta itu dari Jumat (26/7), dia ada pelatihan manajemen penyidikan elektronik di Bareskrim," ujar Barus.

Barus menyayangkan tindakan Hartono itu. Ia menegaskan pihaknya akan menindak tegas oknum yang main-main dengan narkoba. "Yang jelas kalau yang aneh-aneh (akan ditindak) sesuai prosedur saja, kalau terbukti pasti ditindak," imbuh Barus.

Hartono kedapatan membawa sabu seberat 12 gram saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat (26/7) lalu. Polri langsung mencopot Hartono dari jabatannya sebagai Wakil Direktur Narkoba Polda Kalimantan Barat dan memindahkannya sebagai perwira menengah non-job di Pelayanan Markas (Yanma) Mabes Polri.
(mei/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com