DetikNews
Senin 30 Juli 2018, 08:08 WIB

2 Helikopter Disiagakan Evakuasi Ratusan Pendaki di Gunung Rinjani

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
2 Helikopter Disiagakan Evakuasi Ratusan Pendaki di Gunung Rinjani Foto: Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Lombok - Tim gabungan menyiagakan dua helikopter untuk membantu proses evakuasi ratusan pendaki yang terjebak di Gunung Rinjani, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Helikopter juga diturunkan untuk memberikan bantuan makanan kepada para pendaki tersebut.

"Kemudian yang berikutnya juga sebentar lagi ada bantuan helikopter dari Mabes Polri dan Kodam Udayana juga akan bantu," ujar Karo Ops Polda NTB Kombes DPM Jaya di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, NTB, Senin (30/7/2018).


DPM Jaya mengatakan setidaknya ada dua titik para pendaki terjebak. Di titik pertama ada kurang lebih 500 pendaki yang terjebak dan di titik kedua ada puluhan pendaki.

"Ada dua titik, ada yang kelompok 500 lagi buka jalan, mudah-mudahan bisa buka jalan sehingga memudahkan untuk turun. Yang 40 agak sulit," tuturnya.


Dia menjelaskan proses evakuasi untuk 500 pendaki yang terjebak di lokasi pertama dilakukan dengan cara membuka jalan. Sementara itu, para puluhan pendaki yang terjebak di titik kedua akan dievakuasi situasional mempertimbangkan medan yang ada.

"Makanya itu kami lihat, makanya sebentar, kalau sudah alat sudah ada, contoh helikopter kami lihat medannya bagaimana di situ," jelasnya.


Kepanikan Para Pendaki Gunung Rinjani Saat Diguncang Gempa, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(knv/aan)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed