DetikNews
Minggu 29 Juli 2018, 17:56 WIB

Kata Warga Soal Kali Item Usai Ditaburi Serbuk Penghilang Bau

Yuni Ayu Amida - detikNews
Kata Warga Soal Kali Item Usai Ditaburi Serbuk Penghilang Bau Kondisi Kali Item (Foto: Yuni Ayu Amida/detikcom)
FOKUS BERITA: Jurus Usir Bau Kali Item
Jakarta - Aliran Kali Item ditaburi serbuk penghilang bau pagi tadi. Serbuk bernama DeoGone itu disebut mampu menghilangkan bau kali tersebut.

Dari pantauan pukul 17.00 WIB, Minggu (29/7/2018), air Kali Item masih terlihat hitam. Bau tak sedap juga masih tercium meski tidak begitu menyengat.

Tampak seorang petugas kebersihan sedang membersihkan aliran sungai. Seorang warga, Kosim, yang tinggal di sekitar lokasi selama hampir 10 tahun mengaku sudah terbiasa dengan bau Kali Item.

"Soalnya saya sudah terbiasa, jadi nggak ngerasa apa-apa sih, tapi emang sekarang sudah berkuranglah," kata Kosim saat ditemui.


Pagi tadi, serbuk DeoGone bikinan Dr Tri Panji dari Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia disebar di Kali Item. Tri menyebut serbuk ciptaannya itu kerap digunakan produsen tahu tempe yang notabene limbahnya disebut sebagai sumber bau di Kali Item.

"Kita yakin 99 persen ini akan efektif, karena kita juga nggak mau takabur. Selama ini kan masalah utamanya adalah buangan dari industri tahu tempe, produk DeoGone ini itu selama ini konsumennya produsen tahu tempe," kata Tri pagi tadi.




Tonton juga 'Hilangkan Bau, Cairan Mikroba Disemprot ke Kali Item':

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/tor)
FOKUS BERITA: Jurus Usir Bau Kali Item
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed