detikNews
Minggu 29 Juli 2018, 14:59 WIB

Anies Tegaskan Tak Perlu Konsolidasi untuk Jawab Rekomendasi KASN

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Anies Tegaskan Tak Perlu Konsolidasi untuk Jawab Rekomendasi KASN Anies Baswedan. Foto: Zhacky/detikcom
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan pihaknya akan melakukan konsolidasi internal terkait rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) soal pencopotan pejabat DKI. Berbeda dengan Sandi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pihaknya tak akan melakukan konsolidasi terkait hal itu.

"Nggak (konsolidasi)," ujar Anies di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (29/7/2018).



Anies mengatakan, alasan tak perlu lagi melakukan konsolidasi. Sebab jawaban atas rekomendasi tersebut telah disiapkan olehnya.

"Saat itu juga, sudah siap jawabannya, mungkin malah sudah dikirim," katanya.

Kendati demikian, Anies enggan membeberkan apa jawaban yang diberikan pihaknya atas rekomendasi KASN tersebut. Anies kemudian kembali menyinggung KASN yang dinilainya berpolitik dalam persoalan rekomendasi itu.

"Saya katakan lagi, ini tuh antar pemerintah biasa antar instansi berkirim surat dijawab. Itu normal. Yang saya heran ketika kemudian kok pakai pembentukan opini," ujar Anies.

Sebelumnya, KASN mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa dikenai sanksi bila tak melaksanakan rekomendasi KASN terkait perombakan pejabat DKI. Rekomendasinya adalah mengembalikan jabatan kepada pejabat yang dicopot.



"Apabila Gubernur DKI Jakarta tidak menindaklanjuti rekomendasi KASN tersebut di atas, maka tersebut di atas berpotensi melanggar Pasal 78 juncto Pasal 61, 67, dan 76 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2013 tentang Pemerintahan Daerah," kata Ketua KASN Sofian Effendi, Jumat (27/7).

Menanggapi rekomendasi tersebut, Sandi sebelumnya mengatakan akan melakukan konsolidasi internal terkait hal itu.

"Ya, kita ini sebuah masukan dan kita akan konsolidasi di Pemprov DKI dan kita pelajari dulu," ujar Sandiaga di Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (29/7).
(mae/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com