DetikNews
Minggu 29 Juli 2018, 13:14 WIB

Ini Cara Kerja Serbuk Penghilang Bau yang Ditebar di Kali Item

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Ini Cara Kerja Serbuk Penghilang Bau yang Ditebar di Kali Item Serbuk DeoGone yang ditebar di Kali Item (Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom)
FOKUS BERITA: Jurus Usir Bau Kali Item
Jakarta - Serbuk penghilang bau yang disebar di Kali Item dinamai DeoGone. Serbuk itu dibikin seorang peneliti bernama Dr Tri Panji dari Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia.

"Bahannya adalah jamur pelapuk putih. Itu jamur yang kalau melapukkan, sisa materialnya berwarna putih, artinya dia memakan sesuatu yang warnanya bukan putih," kata Tri di tepi Kali Item, Jalan Dakota, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (29/7/2018).

Tri menyebut bau limbah biasanya terbentuk dari penguraian protein yang mengandung asam amino. Dalam kondisi anaerob atau tanpa oksigen, bau yang tercium akan lebih menyengat. Nah, Tri mengatakan fungsi jamur pelapuk putih itu mengoksidasi penguraian tersebut sehingga dapat mengurangi bau.


"Dengan jamur yang kerjanya oksidasi itu menjadi material yang baunya berkurang drastis. Jamur ini kan masuk kategori tanaman, dia tidak mengeluarkan amonia, tapi mengeluarkan uap air, makanya bau tidak tercium tapi penguraian tetap berjalan," sebut Tri.

Tri yakin DeoGone dapat menghilangkan bau di Kali Item. Apalagi, menurutnya, produknya itu kerap digunakan produsen tahu tempe yang notabene limbahnya disebut sebagai sumber bau di Kali Item.

"Kita yakin 99 persen ini akan efektif, karena kita juga nggak mau takabur. Selama ini kan masalah utamanya adalah buangan dari industri tahu tempe, produk DeoGone ini itu selama ini konsumennya produsen tahu tempe," kata Tri.




Tonton juga 'PUPR Ikut Benahi Kali Item, Sandi: Ini Kolaborasi Zaman Now!':

[Gambas:Video 20detik]


(abw/dhn)
FOKUS BERITA: Jurus Usir Bau Kali Item
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed