DetikNews
Minggu 29 Juli 2018, 09:29 WIB

LAPAN: Astronom Dunia Tak Pernah Lihat UFO dari Luar Angkasa

Faiq Hidayat - detikNews
LAPAN: Astronom Dunia Tak Pernah Lihat UFO dari Luar Angkasa Heboh diduga penampakan UFO di Ciamis (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin menyebutkan astronom tidak pernah melihat UFO di luar angkasa. Selama penelitianya, Thomas juga mengaku tidak ada UFO dari luar angkasa.

"Tidak ada (UFO), di seluruh dunia astronom tidak ada yang pernah melihat, padahal astronom yang sering mengamati langit. Semua pengakuan (UFO) itu tidak ada yang bisa dikonfirmasi, itu betul-betul tidak punya nilai ilmiah dan tidak bisa dibuktikan, umumnya memang klaim sepihak sih," kata Thomas ketika berbincang dengan detikcom, Sabtu (28/7/2018).

Menurut Thomas, video yang direkam warga Ciamis tidak bisa dikonfirmasi, benar tidaknya objek yang direkam merupakan diduga UFO. Thomas menyakini benda yang terekam video itu layang-layang yang diberi lampu.

"Kesaksian banyak, mungkin banyak di internet itu tidak bisa dibuktikan secara ilmiah termasuk pengakuan di Ciamis itu juga tidak bisa dikonfirmasi apa sesungguh. Objek seperti itu bisa macam-macam, bisa saja layang-layang yang dibikin lampu bentuk aneh atau objek lain," jelas dia.





Selain itu, Thomas menuturkan kerap kali mendapatkan laporan mengenai benda aneh yang terbang, namun belum tentu kebenarannya terhadap UFO itu. Bahkan saat ia menerima laporan benda aneh di langit, ternyata layang-layang atau balon.

"Saya sering menerima laporan objek terang dilangit ternyata ada layang-layang atau balon yang ada lampunya. Kemudian ada juga kejadian di Bandung, seperti helikopter remote, jadi ini bisa saja sewaktu-waktu yang dilihat saksi bisa saja objek orang lain di sekitar," kata Thomas.

Sebelumnya, seorang warga Ciwahangan, Desa Baregbeg Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, mengabadikan penampakan benda asing menyerupai 'UFO' jelang terjadinya gerhana bulan, Jumat (27/7) malam sekitar pukul 21.

"Awalnya saya mengira itu pesawat terbang, tapi biasanya lampunya berkedip-kedip, kalau yang ini tidak berkedip," ujar seorang warga bernama Rudiat yang mengabadikan 'UFO' tersebut saat ditemui di rumahnya sambil menunjukan video rekamannya Sabtu (28/7).
(fai/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed