DetikNews
Sabtu 28 Juli 2018, 19:07 WIB

Heboh 'UFO' di Ciamis, LAPAN: Tak Ada Bukti Ilmiah Alien ke Bumi

Rina Atriana - detikNews
Heboh UFO di Ciamis, LAPAN: Tak Ada Bukti Ilmiah Alien ke Bumi Penampakan benda disebut-sebut sebagai UFO di Ciamis (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - LAPAN menyatakan bisa saja benda terbang yang terekam kamera warga Ciamis disebut UFO atau benda terbang tak dikenal. Hanya saja menurut LAPAN sejauh tak ada bukti alien pernah 'mampir' ke bumi.

"UFO dalam makna wahana yang digunakan makhluk asing (alien) itu tidak ada. Tidak ada bukti ilmiah alien datang berkunjung ke bumi," kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin saat dikonfirmasi, Sabtu (28/7/2018).


Menurut Thomas, bisa saja benda terbang tersebut merupakan layang-layang yang diberi lampu.

"Mungkin saja ada orang yg iseng menerbangkan layang-layang berlampu," ujar Thomas.

"UFO bermakna Unidentified Flying Object alias benda terbang tidak dikenal. Jadi karena saksi tidak mengenalnya, boleh saja itu disebut UFO. Tetapi bisa jadi nanti ada penjelasannya," tuturnya.


Sebelumnya seorang warga Ciwahangan, Desa Baregbeg Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, mengabadikan penampakan benda asing menyerupai 'UFO' jelang terjadinya gerhana bulan, Jumat (27/7) malam sekitar pukul 21.

"Awalnya saya mengira itu pesawat terbang, tapi biasanya lampunya berkedip-kedip, kalau yang ini tidak berkedip," ujar seorang warga bernama Rudiat yang mengabadikan 'UFO' tersebut saat ditemui di rumahnya sambil menunjukan video rekamannya Sabtu (28/7).

"Saya rekam lalu di-zoom ternyata bentuknya seperti layang-layang besar bercahaya oranye, di bawahnya ada lampu-lampu, sekitar beberapa detik langsung menghilang. Melihat di internet benda ini mirip seperti ufo, banyak contoh gambarnya," bebernya.


(rna/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed