DetikNews
Sabtu 28 Juli 2018, 09:27 WIB

Khusyuknya Salat Gerhana Bulan di Anjungan Pantai Losari Makassar

Ibnu Munsir - detikNews
Khusyuknya Salat Gerhana Bulan di Anjungan Pantai Losari Makassar Salat gerhana di Makassar (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar - Segenap pejabat dan warga Makassar mendirikan salat gerhana pada Sabtu (28/7) dini hari. Salat gerhana bertempat di anjungan Pantai Losari.

Anjungan Pantai Losari berada di Jalan Penghibur, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Selain salat gerhana, digelar juga salat subuh berjemaah, yang masuk dalam program Gerakan Makassar Shalat Subuh Berjamaah (GMSBB).


Salat khusuf (salat gerhana) di Losari dipimpin oleh Sekretaris Majelis Ulama Indonesia Kota Makassar KH Masykur Musa.

"Alhamdulillah kita salat di Losari, ramai dan khusyuk sekali, karena ini juga sekalian salat subuh. Jadi sangat langka," kata warga Minasaupa yang turut hadir, Harri.

Khusuknya Salat Gerhana Bulan di Anjungan Pantai Losari MakassarFoto: Ibnu Munsir/detikcom
Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, yang menginisiasi GMSBB, menyebut momen ini menjadi lebih luar biasa karena dirangkaikan dengan salat subuh.

"Ini kali kedua kita melaksanakannya. Pertama, awal tahun 2018, tepatnya kita salat isya. Dan sekarang di akhir Juli 2018, yang terjadi setelah lewat tengah malam. Makanya, saya mengajak umat Islam Kota Makassar melaksanakan salat khusuf pada saat terjadinya gerhana bulan hari ini. Dipastikan, seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Kota Makassar, mengalami gerhana bulan," ucapnya.

Sebab, kata Danny, gerhana bulan atau yang lebih terkenal dengan istilah Supermoon merupakan fenomena alam sebagai salah satu pertanda kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.


Danny mengatakan salat gerhana bulan kali ini lebih besar keutamaannya karena dilaksanakan sebelum salat subuh. Salat sunat sebelum salat subuh itu, menurutnya, lebih baik dari dunia dan seisinya.

"Juli 2018 ini banyak keberkahan. Hari ini kita menyaksikan kebesaran Allah. Besok, kita kedatangan Bapak Presiden RI Jokowi dalam kegiatan jalan santai sahabat Indonesia. Dan kita ikut serta dalam meramaikan Asian Games dengan melakukan pawai obor," ujar Danny.


Di samping itu, Danny, berharap seluruh warga mendoakan agar Kota Makassar tetap aman dan kondusif serta dijauhkan dari segala bentuk musibah maupun bencana.

"Melalui doa yang disampaikan itu, insyaallah Kota Makassar yang kita cintai ini menjadi rumah kita bersama yang aman, nyaman, tertib, religius dengan masyarakatnya yang sejahtera," harapnya.


Tonton juga video: 'Bagi yang Tak Sempat Lihat, Gerhana Bulan Datang Lagi 2021'

[Gambas:Video 20detik]



(rna/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed