Warga Sulsel Nikmati Gerhana Bulan Total Sambil Santap Jagung Rebus

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Sabtu, 28 Jul 2018 04:14 WIB
Foto: Taufiq/detikcom
Foto: Taufiq/detikcom
Jakarta - Gerhana bulan total dapat juga disaksikan dengan mata telanjang di Sulawesi Selatan. Masyarakat yang melakukan perjalanan malam antarkota memilih beristirahat sambil menikmati fenomena alam ini.

Berdasarkan pantauan detikcom, Sabtu (28/7/2018), beberapa warga yang melakukan perjalanan malam memilih singgah di warung-warung pinggir jalan di Kabupaten Maros, arah Kabupaten Bone dari Makassar. Wilayah ini termasuk daerah dataran tinggi sehingga dapat melihat gerhana bulan total yang sedang berlangsung.

Warga Sulsel Nikmati Gerhana Bulan Total Sambil Santap Jagung RebusGerhana bulan total dapat juga disaksikan dengan mata telanjang di Sulsel. (Taufiq/detikcom)

Sambil menikmati sajian mi instan rebus, jagung bakar, dan teh panas, mereka duduk di pelataran warung dan menyaksikan fenomena alam ini.

"Saya baru tahu ada gerhana bulan. Jadi sekalian melepas lelah, ya lihat gerhana bulan juga," kata Bachtiar, yang hendak menuju Kabupaten Bone, yang jaraknya 3 jam perjalanan dari Makassar.


Meski menunggu lama, sesekali Bachtiar memilih berbaring menggunakan sarung yang dibawanya dari rumah untuk melepas lelah.


Lain halnya dengan Iwan. Dia mengaku hanya beristirahat sambil menikmati jagung rebus yang dihidangkan di pinggir jalan. Namun dia juga tidak ingin melewatkan terjadinya gerhana bulan.

"Sekalian saja lihat gerhana bulan. Belum tentu akan lihat seperti ini lagi," ucapnya.

Gerhana bulan total di Sulsel tepat terjadi pada pukul 03.24 Wita. Hingga kini, gerhana masih berlangsung. (tfq/nvl)