detikNews
Sabtu 28 Juli 2018, 02:57 WIB

Gerhana Bulan Terlama di Abad Ini Masuk Fase Total

Sahaya - detikNews
Gerhana Bulan Terlama di Abad Ini Masuk Fase Total Gerhana bulan (Foto: screenshot BMKG)
Jakarta - Gerhana bulan total paling lama abad ini sudah masuk fase total. Fase ini adalah fase bulan masuk ke bayangan gelap umbra bumi.

Pantauan detikcom di rooftop lantai 13 Gedung A Kantor BMKG, Jalan Angkasa 1, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Sabtu (28/7/2018), bulan sudah masuk ke bayangan umbra bumi secara sempurna sekitar pukul 02.30 WIB.

Tampak di langit bulan sudah sepenuhnya tertutup oleh warna merah. Di lokasi juga terdengar seruan takbir, tanda umat Islam menunaikan ibadah salat gerhana.

"Sudah masuk ke total. Jadi semua bayangan bulan sudah di umbranya. Semua piringan bulan masuk ke bayangan inti bumi (umbra)," ujar pengamat Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Syiroj Judin, di lokasi.


Tampak di lokasi, langit sudah sepenuhnya berwarna merah gelap. Warna gelap ini disebabkan oleh banyaknya pembiasan dari polutan yang berada di lapisan atmosfer.

"Pembiasan dari lapisan atmosfer dari partikel-partikel polutan," jelas Syiroj.

Seperti diketahui, gerhana bulan total abad ini adalah gerhana bulan paling lama dalam 100 tahun. Fase gerhana bulan total ini akan berlangsung kurang lebih 52 menit sampai menuju fase puncak gerhana bulan, yang diperkirakan akan terjadi pukul 03.22 WIB.


Beginilah Penampakan Gerhana Bulan dari Berbagai Wilayah di Indonesia:

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +