Sidang Vonis Pembubaran JAD Digelar Selasa Pekan Depan

Zunita Amalia Putri - detikNews
Jumat, 27 Jul 2018 12:24 WIB
Foto: Sidang agenda pembacaan pleidoi JAD (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Majelis hakim akan menggelar sidang putusan pembubaran Jamaah Ansharut Daulah (JAD) pada Selasa besok. Sidang digelar pekan depan karena jaksa penuntut umum tidak mengajukam replik atas nota pembelaan pihak JAD.

Setelah pengacara Asrudin Hatjani membacakan nota pembelaan dan permohonan, hakim bertanya ke jaksa mau mengajukan replik atau tidak. Jaksa pun mengatakan tetap pada tuntutan dan tidak akan membuat replik.



"Setelah cermati apa yang diuraikan dalam pleidoi, kami tak ajukan replik dan tetap pada tuntutan kami kemarin," kata jaksa Heri Jerman saat menanggapi pertanyaan hakim di Pengadilan Negeri Jaksel, Jl. Ampera Raya, Jumat (27/7/2018).

Kemudian hakim pun mengatakan akan melanjutkan sidang putusan pada Selasa (31/7).



"Karena jaksa tidak mengajukan repliknya, maka sidang akan kita lanjutkan dengan agenda putusan pada Selasa tanggal 31 Juli 2018," ucap hakim.

Sebelumnya, jaksa penuntut menyatakan JAD terbukti melanggar pasal 17 ayat 1 dan 2 Undang-undang Terorisme. Jaksa pun meminta hakim untuk segera membekukan korporasi JAD.
Jaksa juga meyakini JAD sebagai kelompok atau wadah yang menggerakkan teror di Indonesia dan telah menyebabkan jatuhnya korban jiwa serta kerusakan objek vital.

Selain itu, Jaksa menyebut tujuan dibentuk JAD tersebut adalah mendukung khilafah daulah Islamiyah di Suriah dengan melakukan kegiatan dakwah khilafah melaksanakan hijrah dan jihad. (rvk/asp)