detikNews
Kamis 26 Juli 2018, 15:10 WIB

Skorsing Dibuka, Pemilihan Tambahan Pimpinan DPD Dimulai

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Skorsing Dibuka, Pemilihan Tambahan Pimpinan DPD Dimulai Foto: Sidang Paripurna DPD RI. (Marlinda/detikcom).
Jakarta - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI kembali melanjutkan sidang paripurna dengan agenda pemilihan Wakil Ketua DPD tambahan. Sidang digelar usai diskorsing sekitar 2 jam.

Sidang digelar di gedung Nusantara V, kompleks Senayan, Jakarta, Kamis (26/7/2018). Sidang dipimpin oleh Wakil Ketua DPD Nono Sampono. Selain Nono, pimpinan yang hadir adalah Ketua DPD Oesman Sapta Odang dan Darmayanti Lubis.

Ada lima senator yang maju dalam pemilihan pimpinan DPD ini. Yakni, Habib Ali Alwi senator asal Banten, Akhmad Muqowam senator asal Jawa Tengah, Ajiep Padindang senator asal Sulawesi Selatan, Sofwat Hadi senator asal Kalimantan Selatan, dan Ibrahim Agustinus Medah senator asal NTT.


Paripurna menyepakati pemilihan dilakukan dengan cara voting. Sebab, dalam musyawarah yang dilakukan kelima calon tidak ditemukan kata sepakat untuk memilih salah satu senator sebagai pimpinan DPD.

Sebelum dilakukan pemungutan suara, sidang menghitung ulang para senator yang hadir dalam sidang paripurna. Hasilnya, 84 orang dari 132 senator hadir untuk memberikan suara.


"84 orang hadir ya dari 96 orang yang tandatangan di absensi," kata pimpinan sidang.

Seperti diketahui, UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD atau UU MD3 sudah resmi diundangkan. DPD mendapat satu tambahan pimpinan Dewan.

Saat ini, DPD dijabat 3 pimpinan. Mereka adalah Oesman Sapta Odang (ketua) dan 2 wakil ketua, yang dijabat Nono Sampono dan Darmayanti Lubis.
(mae/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed