Tentang Padang Arafah, Tempat yang Jadi Puncak Ibadah Haji

Niken Purnamasari - detikNews
Kamis, 26 Jul 2018 13:06 WIB
Jabal Rahmah di Padang Arafah/Foto: Merza Gamal
Mekah - Arafah, tempat ini menjadi puncak dan pertemuan bagi jemaah haji di seluruh dunia. Di tempat ini juga berlangsung wukuf pada tanggal 9 Dzulhijah yang menjadi inti ibadah haji.

Arafah terletak di kawasan yang terletak di sebelah tenggara Masjidil Haram. Sejak sekian tahun lalu, padang Arafah ditanami lebih dari 100.000 pohon untuk menyejukkan kawasan.

Kata Arafah diambil dari akar kata yang memiliki arti mengenal atau mengakui karena di sini manusia seharusnya mengenal jati diri dan menyadari dosa-dosanya.

Dalam buku 'Haji dan Umrah' yang ditulis M Quraish Shihab dijelaskan, Nabi Ibrahim memperoleh penjelasan tentang manasik haji dari Malaikat Jibril di Arafah.

Sementara dari berbagai literasi lain juga disebut bahwa Arafah memiliki arti pengetahuan. Dinamai demikian karena Arafah menjadi tempat perjumpaan antara Adam dan Hawa. Keduanya memiliki rasa untuk saling memahami. Itulah isyarat pengetahuan yang pertama.



Keberangkatan para jemaah dari Mekkah menuju Arafah pada tanggal 9 Dzulhijah adalah refleksi bahwa sesungguhnya kita berasal dari Allah. Kembalinya para jemaah dari Arafah ke Mekah pada hari berikutnya sebagai refleksi bahwa sesungguhnya kepada-Nya kita akan kembali.

Hari wukuf adalah hari yang terbanyak Allah SWT mengampuni manusia dan terbanyak manusia dibebaskan Allah SWT dari neraka. Hal tersebut terdapat dalam hadits.

"Tidak ada juga hari - selain hari kemenangan dalam peperangan Badr - yang terlihat setan begitu terhina dan kecil seperti halnya wukuf di Arafah"

Ibadah wukuf di Arafah dimulai saat matahari tergelincir hingga matahari terbenam. Yang dilakukan saat wukuf yakni salat jamak takdim dan qashar Zuhur-Ashar, berdoa, berzikir, membaca Alquran dan salat jamak takdim dan qashar magrhib-isya.



Tonton juga 'Jemaah Indonesia Mulai Bergeser dari Madinah ke Mekah':

[Gambas:Video 20detik]

(nkn/fjp)