Jakarta dan Palembang yang Terus Bersolek Jelang Asian Games

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kamis, 26 Jul 2018 07:37 WIB
Foto: Pengecatan mural Asian Games 2018 (Yuni Ayu-detikcom)
Foto: Pengecatan mural Asian Games 2018 (Yuni Ayu-detikcom)
Jakarta - Gelaran Asian Games 2018 kian mendekati waktunya, 18 Agustus 2018. Dua kota besar yang akan jadi penyelenggara, yaitu DKI Jakarta dan Palembang, terus bersolek menyambut para atlet mancanegara.

Jakarta yang kini dipimpin Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno, berbenah di berbagai sektor. Kali Sentiong atau Kali Item yang persis di samping Wisma Atlet Kemayoran, kini ditutupi waring agar mengurangi bau yang menyengat.

"Kami sampaikan sudah ready untuk deliver 100 persen. Tugas tambah 10 GOR BMX, baseball selesai akhir Juli. Tugas tambahan lain koridor utama venue maraton kita lagi kebut. Koridor utama Sudirman-Thamrin saya cek langsung dengan lari di tempat. Akhir Juli rampung," jelas Sandiaga memastikan Jakarta siap menyelenggarakan Asian Games dalam rapat bersama Komisi X DPR, Rabu (25/7/2018).


Selain Waring dan venue olahraga, beberapa warga Jakarta berinisiatif menyemarakkan Asian Games. Mereka memajang bendera-bendera negara peserta dengan bambu belah. Tembok-tembok di Jakarta pun dipercantik. Mural-mural bertema Asian Games dilukis. Adalah PPSU yang mengerjakan pelukisan itu. Sandi menyebut itu merupakan bagian dari 'beutifikasi' Jakarta.


Tonton video saat PPSU Bikin Mural Asian Games

[Gambas:Video 20detik]



Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin memastikan persiapan Asian Games 2018 di Palembang sudah 100 persen. Dia menyebut warga juga senang karena tak ada pengaturan lalu lintas berlebihan.

"Intinya di kami Jakabaring atlet nyaman, ofisial senang, rakyat gembira. Karena tidak ganjil genap, tidak ada buka tutup. Santai saja kami di situ," kata Alex dalam forum yang sama dengan Sandi.

Alex menuturkan, masalah asap akibat kebakaran lahan/hutan juga telah teratasi. Pihaknya terus memantau titik api yang ada di wilayah tersebut.


Ini cuman hotspot, Insyaallah tidak akan mengganggu jalannya Asian Games," ucapnya.

Mengenai stadion Jakabaring yang sempat rusak, Alex memastikan semua sudah normal. Bangku sudah dipasang kembali pada 13.55 WIB tadi.

"Jam 13.55 WIB dapat laporan tadi semua kursi sudah beres, sudah rapi kembali," paparnya. (gbr/yas)