Beda Banget! Ini Perbandingan Sel Napi Umum-Koruptor di Sukamiskin

Aditya Mardiastuti - detikNews
Rabu, 25 Jul 2018 21:48 WIB
Kondisi sel napi umum di Lapas Sukamiskin (Foto: Dok. Mata Najwa-Trans7-Narasi)
Jakarta - Sejumlah narapidana korupsi kepergok memiliki fasilitas-fasilitas mewah, mulai AC hingga TV layar datar, di dalam selnya. Kondisi itu berbeda jauh dengan kondisi napi umum yang juga ada di Lapas Sukamiskin.

Kondisi sel napi umum itu disorot Najwa Shihab dan tim 'Mata Najwa' yang ikut sidak Ditjen PAS, Sabtu (21/7) malam lalu. Tayangan sidak itu ditayangkan di Trans7, Rabu (25/7/2018) malam ini.


Sel Luthfi Hasan Ishaaq (LHI) hingga OC Kaligis terlihat memiliki kamar mandi yang nyaman, lengkap dengan kloset duduk dan ruangan kamar yang bersih. Ruangan sel itu sangat kontras dengan kondisi sel napi umum yang dijerat hukuman 7 tahun penjara karena kasus pacaran.

Di dalam sel napi umum itu terlihat lebih gelap dan kumuh dibanding sel para koruptor. Bahkan kamar mandi dengan kamar tidur hanya dibatasi sehelai kain warna kuning sebagai gorden.
Begini Penampakan Saung 'Elite' di Lapas SukamiskinPenampakan saung 'elite' di Lapas Sukamiskin (Baban Ganda Purnama/detikcom)

Tak ada kloset duduk di toilet tersebut. Hanya ada satu lemari kecil yang menjadi tempat menaruh sejumlah barang milik napi tersebut, seperti botol-botol air mineral, piring, dan dispenser tak berlistrik.

Menkum HAM Yasonna Laoly pun mengakui ada perbedaan ruangan sel napi korupsi dengan sel napi umum. Yasonna pun mengaku belum bisa memenuhi standar minimum sel pemasyarakatan.

"Memang itu tadi, mungkin ya alasan kesehatan, saya masih menoleransi kalau hanya kursi (toilet) duduk untuk orang yang uzur. Dari segi sanitasi memang memenuhi syarat, tapi kita tidak memenuhi standar yang cukup kalau memenuhi itu. Itulah persoalan kita," ujar Yasonna.



Tonton juga video: 'Curhat Novanto yang Kini Tinggal di Lapas Sukamiskin'

[Gambas:Video 20detik]

(ams/imk)