Selnya Disidak, Akil Mochtar: Ada Tipikor Dhuafa di LP Sukamiskin

Niken Purnamasari - detikNews
Rabu, 25 Jul 2018 20:27 WIB
Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Ditjen PAS sidak ke sel narapdidana korupsi, Akil Mochtar di Lapas Sukamiskin, Jawa Barat. Di dalam sel Akil terdapat sejumlah fasilitas seperti kasur hingga toilet duduk.

Di depan sel Akil terdapat label 'Dalam Perawatan Medis'. Saat ditanya Najwa, Akil mengaku dirinya sedang sakit dan dalam pemulihan. Ada sejumlah obat-obatan yang terdapat di kamarnya.



"Saya sakit jantung dan penyempitan di pembuluh. Seharusnya dioperasi. Sakit, Mbak," kata Akil yang memakai penutup kepala berwarna abu-abu. Akil diwawancara Najwa Shihab dan Tim Mata Najwa yang ikut sidak.

Najwa pun melihat-lihat kondisi kamar mandi Akil. Lantai kamar mandi dan dinding memiliki motif berwarna-warni. Sementara toiletnya memakai toilet duduk b erwarna putih.



"Saya ini kan diabet, kencingnya terus-terusan. Kan kita gunakan juga untuk salat. Ini rembes," katanya sambil menunjukkan rembesan di dekat kamar mandi.

Akil mengatakan, banyak tahanan yang berusia lanjut di Lapas Sukamiskin. Sebab itu tahanan yang sudah berusia lanjut, katanya, perlu mendapat perhatian dan fasilitas khusus.

"Kita kan manusia juga. Satu yang terjadi, tidak men-generalkan. Kasihan bener deh. Ada yang 75 tahun, ada yang diamputasi, tipikor dhuafa," ucapnya. (nkn/tor)