Kiswah Kakbah Laku Dilelang, Suryadharma Ngotot Minta Dikembalikan

Faiq Hidayat - detikNews
Rabu, 25 Jul 2018 13:50 WIB
Suryadharma Ali. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali mengaku kaget mendengar kabar kain kiswah Kakbah yang sempat jadi miliknya laku dengan harga Rp 450 juta. Dia merasa tak percaya kainnya tersebut laku terjual saat lelang di KPK.

"Ah, Rp 450 juta? Enggak, bohong," ucap Suryadharma Ali usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Rabu (25/7/2018).


Meski sudah laku terjual, Suryadharma meminta kainnya itu harus dikembalikan. Apabila sidang permohonan peninjauan kembali (PK) memutuskan untuk mengembalikan kain itu, maka ia meminta kain itu dikembalikan.

"Apapun yang terjadi harus kembali, kalau pengadilan memutuskan harus dikembalikan, ya harus dikembalikan meskipun sudah dijual," tutur Suryadharma.

Dia juga mengaku tidak ingin pengembalian dalam bentuk uang meskipun sudah laku terjual seharga Rp 450 juta. Dia menegaskan kainnya itu harus kembali dalam bentuk barang.

"Dalam bentuk barang, sebab yang minta dalam bentuk barang," tutur dia.


Alasan ia ingin berharap kain itu kembali lantaran menilai KPK tak berhak merampas barangnya. "Ya karena perampasan yang hak, perampasan yang bathil," jelas dia.

Sebelumnya, KPK melelang Kiswah Kakbah barang rampasan dari kasus yang melibatkan eks Menag Suryadharma Ali. Kiswah ini terjual dengan harga Rp 450 juta.

Kiswah sendiri dibuka dengan limit harga Rp 22.500.000. Para peserta lelang langsung melakukan penawaran.

Petugas lelang yang memandu acara pun menaikkan harga. Hingga akhirnya saat harga mencapai Rp 450 juta, hanya ada satu orang yang masih bertahan yaitu Muhammad Zufri Saad.


Tonton juga video: 'Melihat Kiswah Kakbah Dijahit'

[Gambas:Video 20detik]

(fai/tor)