Sandi Ingin Lampu di Waring Kali Item Dibentuk Tulisan Asian Games

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 25 Jul 2018 13:32 WIB
Foto: Demi Asian Games, Kali Sentiong Ditutupi Waring. (Agung Pambudhy-detikcom)
Foto: Demi Asian Games, Kali Sentiong Ditutupi Waring. (Agung Pambudhy-detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta memasang lampu di jaring (waring) Kali Item dekat Wisma Atlet di Kemayoran. Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno ingin lampu itu ditata hingga membentuk tulisan 'Asian Games'.

"Untuk beautifikasinya dipasang lampu, nanti mungkin ada ornamen-ornamen yang dipasang oleh temen-temen dari Dinas Perindustrian dan Energi," kata Sandiaga di Stadion GBK, Jakarta, Rabu (25/7/2018).


Menurut Sandiaga, deretan lampu yang berbentuk tulisan Asian Games itu akan membuat pemandangan Kali Item jadi lebih menarik jika dilihat dari Wisma Atlet.

"Apalagi kalau dari lantai 12 (Wisma Atlet), di mana ada mezanine di Kampung Atlet, kemarin ada yang ngambil foto itu cukup menarik sih, apalagi kalau misalnya kita tulis Jakarta Asian Games 2018," terang Sandiaga.

Pemprov DKI sudah memasang waring untuk menutupi Kali Item. Selain untuk mempercantik, waring tersebut juga disebut bisa menghambat bau yang berasal dari Kali Item.


Pemasangan waring dikritik sejumlah pihak, salah satunya Fraksi Hanura DPRD DKI. Namun, Gubernur DKI Anies Baswedan berkilah dengan menyebut permasalahan Kali Item sudah ada sejak pemerintahan DKI sebelumnya.

"Yang jangan dilupakan adalah kali itu bukan hitam sejak tiga bulan lalu, kali itu sudah hitam sejak tahun-tahun lalu. Jika yang mengelola Jakarta dulu memerhatikan ini, kita nggak punya warisan Kali Item. Ini karena dulu nggak diperhatikan, jadi kita punya warisan Kali Item. Sekarang diperhatikan," kata Anies di Taman Marga Satwa Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7).




Tonton juga 'Wow! Waring Kali Sentiong Telan APBD Rp 580 Juta Lebih':

[Gambas:Video 20detik]

(zak/idh)