Komisi X Usul Mahasiswa dan PNS Ikut Diliburkan Saat Asian Games

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Rabu, 25 Jul 2018 13:04 WIB
Ilustrasi PNS. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Wacana libur sekolah bagi siswa selama Asian Games 2018 belum diputuskan. Meski demikian, Komisi X DPR meminta tak hanya siswa yang diliburkan, tapi juga mahasiswa serta karyawan dan PNS.

"Yang perlu kita dorong, meski harus koordinasi dengan Kemenristek Dikti, mahasiswa juga (libur)," kata anggota Komisi X Dadang Rusdiana dalam rapat dengar pendapat persiapan Asian Games di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Dia juga mengusulkan PNS di dinas-dinas tertentu dikurangi pegawainya hingga setengah, dengan metode masuk bergiliran. Dadang optimistis wacana tersebut dapat mengurangi kemacetan di Jakarta selama pelaksanaan Asian Games di Ibu Kota.


"Misalnya kecuali dinas yang RSUD, nggak boleh dikurangi. Tapi dinas-dinas lain bisa dikurangi karyawannya. Selama Asian Games bergiliran tiga hari ini setengahnya, tiga hari ini setengahnya, pergerakan tidak terlalu banyak," ujar dia.

"Karena di dinas-dinas lain, kita tahu sama tahulah di dinas-dinas ini, setengahnya (pegawai yang masuk) pun, pelayanan bisa jalan," imbuh Dadang.

Politikus Hanura yang kini maju caleg lewat NasDem itu juga meminta panitia Asian Games bisa mengakomodasi suporter. Menurut Dadang, suporter penting untuk kemeriahan acara.

"Yang teriak-teriak, yang provokatif bisa digerakkan," sebutnya.


Sementara itu, anggota Komisi X lainnya, Leida Hanifah, meminta akses kepada warga difabel diperhatikan. Dia mengusulkan ada tiket gratis bagi siswa difabel.

"Tiket 25 ribu bukan hanya yang berprestasi, tapi yang hadir juga siswa disabilitas," sebut Leida.

Komisi X DPR tengah menggelar rapat bersama Wagub DKI Sandiaga Uno soal persiapan Asian Games 2018. Gubernur DKI Anies Baswedan sebelumnya sempat mengusulkan pengaturan jam kerja PNS selama Asian Games 2018 berlangsung.

Usulan tersebut akan disampaikan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Anies mengatakan pengaturan tersebut diperlukan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas selama Asian Games berjalan.

"Terkait dengan PNS kita akan mengusulkan Kementerian PAN-RB untuk mengatur jam kerja PNS saat Asian Games sehingga pergerakan PNS terkontrol," kata dia, Selasa (15/5).



Tonton juga 'Di Hadapan TNI-Polri, Anies Pimpin Apel Pengamanan Asian Games':

[Gambas:Video 20detik]

(fdu/elz)